PENGEMBANGAN MODUL PARENTING UNTUK ORANGTUA DALAM MENGEMBANGKAN SOSIAL EMOSIONAL ANAK USIA 4-6 TAHUN DI TK PANTE RAYA KABUPATEN BENER MERIAH

IKE OKTANIRA, NIM: 17204030031 (2019) PENGEMBANGAN MODUL PARENTING UNTUK ORANGTUA DALAM MENGEMBANGKAN SOSIAL EMOSIONAL ANAK USIA 4-6 TAHUN DI TK PANTE RAYA KABUPATEN BENER MERIAH. Masters thesis, UIN Sunan Kalijaga.

[img]
Preview
Text (PENGEMBANGAN MODUL PARENTING UNTUK ORANGTUA DALAM MENGEMBANGKAN SOSIAL EMOSIONAL ANAK USIA 4-6 TAHUN DI TK PANTE RAYA KABUPATEN BENER MERIAH)
17204030031_BAB I_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (26MB) | Preview
[img] Text (PENGEMBANGAN MODUL PARENTING UNTUK ORANGTUA DALAM MENGEMBANGKAN SOSIAL EMOSIONAL ANAK USIA 4-6 TAHUN DI TK PANTE RAYA KABUPATEN BENER MERIAH)
17204030031_BAB II_BAB III_BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (7MB)

Abstract

Penelitian tentang pengembangan modul parenting dalam mengembangkan sosial emosional ini dilatar belakangi oleh kegelisahan peneliti berdasarkan pengamatan saat pelaksanaan kegiatan parenting yang tidak menyediakan panduan untuk orangtua dalam memahami materi parenting. Selain itu, materi parenting belum terfokus pada aspek perkembangan sosial emosional yang merupakan salah satu aspek terpenting untuk dikembangkan pada anak sejak dini. Perkembangan sosial emosional pada masa kanak-kanak awal merupakan ujung tombak yang menentukan sikap, nilai, dan perilaku di masa depan. Oleh sebab itu, peneliti mengembangkan sebuah modul parenting untuk orangtua dalam mengembangkan sosial emosional anak usia 4-6 tahun. Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan (R&D). Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan modul parenting, serta mengetahui efektivitas dalam mengembangkan sosial emosional anak usia 4-6 tahun. Proses pengembangan meliputi perencanaan, desain dan pengembangan. Validasi produk dilakukan oleh ahli materi dan ahli media untuk memberikan penilaian, serta masukan terhadap produk yang dikembangkan. Setelah itu dilakukan revisi desain produk yang kemudian digunakan dalam uji coba skala kecil. Revisi produk dilakukan kembali sebelum digunakan dalam uji coba skala besar. Peneliti juga menggali respon orangtua dan saran perbaikan untuk dijadikan acuan dalam melakukan revisi produk sehingga menjadi produk akhir. Hasil penelitian menunjukkan bahwa produk yang dikembangkan layak untuk digunakan sebagai media pembelajaran mandiri yang dapat digunakan oleh orangtua. Hal ini didasarkan pada hasil uji ahli materi mencapai tingkat kevalidan 90%. Ahli media mencapai tingkat kevalidan 66%. Teman sejawat mencapai tingkat kevalidan 92%. Pendidik mencapai tingkat kevalidan 98%. Hal ini menunjukkan bahwa modul parenting layak untuk digunakan. Observasi terhadap aktivitas pengasuhan orangtua menunjukkan persentase 86% termasuk kategori sangat tinggi. Selanjutnya berdasarkan hasil pretest orangtua mendapatkan nilai rata-rata 53,9 dan hasil posttest orangtua mendapatkan nilai rata-rata 80,4. Hasil uji t menghasilkan thitung 15,43 dan ttabel 1,725yang artinya thitung>ttabel. Berdasarkan hasil tersebut menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan sebelum dan sesudah menggunakan modul parenting. Sehingga dapat disimpulkan bahwa modul yang dikembangkan efektif dalam mengembangkan sosial emosional anak usia 4-6 tahun.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Dr. Maemonah, M.Ag.
Uncontrolled Keywords: Modul Parenting, Perkembangan Sosial Emosional
Subjects: Pendidikan > Media Pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini (S2)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 21 Oct 2020 10:22
Last Modified: 21 Oct 2020 10:22
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/38693

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum