KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU SLB BERLATAR BELAKANG PENDIDIKAN NON-PENDIDIKAN LUAR BIASA (Studi Kasus di Sekolah Dasar Luar Biasa Bhakti Kencana 1 Berbah Yogyakarta)

EKA TUSYANA, NIM: 17204080055 (2019) KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU SLB BERLATAR BELAKANG PENDIDIKAN NON-PENDIDIKAN LUAR BIASA (Studi Kasus di Sekolah Dasar Luar Biasa Bhakti Kencana 1 Berbah Yogyakarta). Masters thesis, UIN Sunan Kalijaga.

[img]
Preview
Text (KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU SLB BERLATAR BELAKANG PENDIDIKAN NON-PENDIDIKAN LUAR BIASA (Studi Kasus di Sekolah Dasar Luar Biasa Bhakti Kencana 1 Berbah Yogyakarta))
17204080055_BAB-I_V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (28MB) | Preview
[img] Text (KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU SLB BERLATAR BELAKANG PENDIDIKAN NON-PENDIDIKAN LUAR BIASA (Studi Kasus di Sekolah Dasar Luar Biasa Bhakti Kencana 1 Berbah Yogyakarta))
17204080055_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (8MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menjawab dua pertanyaan penting yaitu: pertama, kompetensi pedagogik guru berlatar belakang pendidikan Non-PLB. Kedua, peningkatkan kompetensi pedagogik guru berlatar belakang pendidikan Non-PLB di SDLB Bhakti Kencana 1 Berbah Yogyakarta. Penelitian ini penting dilakukan untuk mengetahui kemampuan kompetensi pedagogik guru berlatar belakang pendidikan Non-PLB bagi anak berkebutuhan khusus. Jenis penelitian ini yaitu penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan fenomenologi. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu observasi partisipatif, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan cara reduksi data, penyajian data, dan penyimpulan data. Penelitian ini menghasilkan dua kesimpulan yaitu pertama, kompetensi pedagogik guru berlatar belakang pendidikan Non-PLB berdasarkan landasan Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 32 Tahun 2008 telah dilaksanakan baik dengan dasar aspek dapat memahami karakteristik peserta didik, menguasai teori dan prinsip-prinsip pembelajaran, mengembangkan kurikulum, menyelenggarakan pembelajaran yang mendidik, memanfaatkan teknologi, memfasilitasi pengembangan potensi peserta didik, berkomunikasi secara efektif, empatik, dan santun, menyelenggarakan penilaian dan evaluasi, memanfaatkan hasil penilaian dan evaluasi untuk kepentingan pembelajaran, serta melakukan tindakan refleksi. Kedua, peningkatan kompetensi pedagogik guru berlatar belakang pendidikan Non-PLB dilaksanakan secara eksternal dari pihak sekolah melalui beberapa kegiatan seperti pelatihan kegiatan Kelompok Kerja Guru (KKG) pengembangan administrasi guru, workshop merancang pembelajaran kreatif, dan diklat peningkatan mutu guru melalui vokasi pemanfaatan ruang tata boga serta melaksanakan pelatihan berskala dalam pembuatan perangkat pembelajaran seperti media, pembuatan buku ajar, serta pembuatan rencana pelaksanaan pembelajaran. Peningkatan kompetensi pedagogik internal dilakukan oleh guru Non-PLB melalui kegiatan sumber belajar dengan memanfaatkan teknologi mengakses internet dan youtobe, pemanfaatan labolaturium seperti menggunakan seluruh sarana prasarana labolaturium, pemanfaatan lingkungan seperti persawahan, lapangan, serta membaca artikel jurnal. Belajar seumur hidup (lifelong learning) dilaksanakan melalui kegiatan melihat berita terbaru melalui televisi, memanfaatkan perpustakaan sebagai tempat menambah pengetahuan, serta melakukan pembaharuan secara terus menerus di dalam dunia pendidikan sesuai dengan perkembangan zaman.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Dr. Muqowim, M.Ag
Uncontrolled Keywords: Kompetensi Pedagogik, Guru SLB, Non-Pendidikan Luar Biasa.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan berbasis kompetensi
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S2) > Konsentrasi Guru Kelas
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 21 Oct 2020 10:24
Last Modified: 21 Oct 2020 10:24
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/38701

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum