HUBUNGAN KECERDASAN EMOSIONAL DAN PENGUASAAN KOSAKATA DENGAN KEMAMPUAN MENULIS PUISI NARATIF PESERTA DIDIK KELAS V DI SEKOLAH DASAR NEGERI KARANGNONGKO 1 KALASAN

Rayi Trengginas, NIM: 17204080057 (2019) HUBUNGAN KECERDASAN EMOSIONAL DAN PENGUASAAN KOSAKATA DENGAN KEMAMPUAN MENULIS PUISI NARATIF PESERTA DIDIK KELAS V DI SEKOLAH DASAR NEGERI KARANGNONGKO 1 KALASAN. Masters thesis, UIN Sunan Kalijaga.

[img]
Preview
Text (HUBUNGAN KECERDASAN EMOSIONAL DAN PENGUASAAN KOSAKATA DENGAN KEMAMPUAN MENULIS PUISI NARATIF PESERTA DIDIK KELAS V DI SEKOLAH DASAR NEGERI KARANGNONGKO 1 KALASAN)
17204080057_HALAMAN DEPAN_BAB I_BAB IV.pdf - Published Version

Download (16MB) | Preview
[img] Text (HUBUNGAN KECERDASAN EMOSIONAL DAN PENGUASAAN KOSAKATA DENGAN KEMAMPUAN MENULIS PUISI NARATIF PESERTA DIDIK KELAS V DI SEKOLAH DASAR NEGERI KARANGNONGKO 1 KALASAN)
17204080057_BAB II_BAB III_17204080057_Rayi Trengginas.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Puisi merupakan bagian dari ragam sastra yang terikat oleh rima, irama, serta penyusunan larik dan bait. Salah satu cara agar terampil dalam menulis puisi adalah menguasai kosakata dan mampu mengekspresikan emosi di dalam sebuah karya berbentuk puisi. Dalam penelitian mengenai hubungan kecerdasan emosional dan penguasaan kosakata dengan kemampuan menulis puisi naratif peserta didik kelas V di Sekolah Dasar Negeri Karangnongko 1 Kalasan. Metode penelitian yang digunakan adalah Kuantitatif dengan menggunakan desain pendekatan Korelasional. Data penelitian diperoleh dari instrumen wawancara bersama guru Bahasa Indonesia kelas V, sedangkan tes pilihan ganda untuk penguasaan kosakata, angket kecerdasan emosional, dan penugasan pembuatan puisi diperoleh dari peserta didik kelas V. Adapun yang menjadi variabel penelitian yaitu variabel X1 (Kecerdasan Emosional), X2 (Penguasaan Kosakata) dan Variabel Y (Kemampuan Menulis Puisi Naratif). Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui apakah terdapat hubungan yang signifikan antara kecerdasan emosional dan penguasaan kosakata dengan kemampuan menulis puisi naratif peserta didik Kelas V di Sekolah Dasar Negeri Karangnongko 1 Kalasan, peneliti menggunakan uji multivariate correlation product moment. Hasil penelitian dari hubungan antara kecerdasan emosional dan penguasaan kosakata dengan kemampuan menulis puisi naratif peserta didik Kelas V di Sekolah Dasar Negeri Karangnongko 1 Kalasan adalah: Terdapat hubungan yang signifikan antara kecerdasan emosional dan penguasaan kosakata dengan kemampuan menulis puisi peserta didik kelas V di Sekolah Dasar Negeri Karangnongko 1 Kalasan. Hal ini membuktikan tingkat kecerdasan emosional dan penguasaan kosakata yang dimiliki peserta didik berperan penting terhadap hasil belajar peserta didik penulisan kaya sastra berupa puisi, semakin tinggi kecerdasan emosional dan semakin banyak kuantitas dan kualitas penguasaan kosakata yang dimiliki peserta didik maka semakin baik puisi yang dihasilkan.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Dr. Aninditya Sri Nugraheni, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Kecerdasan Emosional, Penguasaan Kosakata, Kemampuan Menulis Puisi Naratif
Subjects: Pendidikan > Metode Pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S2) > Konsentrasi Guru Kelas
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 21 Oct 2020 10:24
Last Modified: 21 Oct 2020 10:25
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/38702

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum