NILAI-NILAI LIFE SKILL DALAM PROGRAM UNGGULAN KALIGRAFI DI MTs ALI MAKSUM YOGYAKARTA

Moch. Faisal Hidayat, NIM: 17204010006 (2019) NILAI-NILAI LIFE SKILL DALAM PROGRAM UNGGULAN KALIGRAFI DI MTs ALI MAKSUM YOGYAKARTA. Masters thesis, UIN Sunan Kalijaga.

[img]
Preview
Text (NILAI-NILAI LIFE SKILL DALAM PROGRAM UNGGULAN KALIGRAFI DI MTs ALI MAKSUM YOGYAKARTA)
17204010006_BAB-I_V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (10MB) | Preview
[img] Text (NILAI-NILAI LIFE SKILL DALAM PROGRAM UNGGULAN KALIGRAFI DI MTs ALI MAKSUM YOGYAKARTA)
17204010006_BAB-II_sampai_IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Latar belakang penelitian ini bermula dari pengamatan terhadap seni kaligrafi sebagai salah satu kesenian islam yang mempunyai sejarah besar. Di Indonesia sendiri terlihat besarnya antusias masyarakat terhadap seni kaligrafi. Namun tidak dibarengi dengan skill dasar seperti baca tulis al-qur‟an dan kaidah bahasa arab. Akibatnya banyak karya-karya kaligrafi yang salah baik dari segi keterbacaan maupun kaidah penulisan. Kemampuan baca dan tulis Al-Qur‟an yang basicnya adalah bahasa arab ini merupakan dasar dan alat penguat bagi peningkatan kemampuan agama siswa. Namun stigma yang berkembang di masyarakat menunjukkan bahwa belajar bahasa arab masih dianggap sulit dan rumit serta kurang menarik. untuk itu penelitian ini mencoba menggali mengenai proses implementasi pembelajaran kaligrafi dan nilai-nilai yang dapat membentuk life skill siswa melalui proses pembelajaran kaligrafi tersebut Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research) yang bersifat kualitatif. Pendekatan yang dilakukan adalah sosiologi dan psikologi pendidikan. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Subyek dalam penelitian ini diantaranya Kepala Madrasah, Pengurus Program Unggulan, Tutor/Pelatih Program Unggulan Kaligrafi dan Siswa Program Unggulan Kaligrafi. Metode analisis menggunakan model analisis Miles dan Huberman. Meliputi reduksi data, model data, dan verifikasi data. Validitas data menggunakan Trianggulasi Sumber dan Metode. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa program unggulan kaligrafi merupakan salah satu bagian dari cabang program unggulan bidang ketrampilan dan seni di MTs Ali Maksum. Program unggulan sendiri bertujuan memberikan bekal kecakapan hidup siswa. Dalam pelaksanaannya, PU kaligrafi bekerja sama dengan Sanggar Kalam yang merupakan komunitas yang fokus pada seni kaligrafi. Implementasi dalam pembelajaran PU kaligrafi di antaranya menumbuhkan motivasi belajar siswa sebelum melaksanakan pembelajaran melalui karya-karya yang telah dibuat sebelumnya. Berlatih menulis huruf hijaiyah menggunakan khat naskhi. Membuat karya Mushaf Al-Qur‟an. Nilai-nilai life skill dalam Program Unggulan Kaligrafi meliputi nilai kecakapan individu (Idividual skill) yang mencakup kecakapan spiritual dan kecakapan berfikir. Nilai kecakapan sosial (Social Skill) yang mencakup melatih daya empati siswa, melatih kecakapan komunikasi dan kerjasama dan Basic Vokasional Skill (Vocasional Skill) berupa pengenalan terhadap alat dan bahan dalam seni kaligrafi serta penggunaannya, mengenal jenis khat naskhi dan teknik menulisnya, mengenal berbagai jenis ornamen dan teknik pembuatannya.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Dr. Aninditya Sri Nugraheni, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Life Skill, Kaligrafi
Subjects: Pendidikan > Instrumen Penilaian
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam (S2) > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 21 Oct 2020 13:25
Last Modified: 21 Oct 2020 13:25
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/38709

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum