PENDIDIKAN ISLAM TRANSFORMATIF PADA PEREMPUAN PUTUS SEKOLAH DI PINGGIRAN KALI CODE KOTA YOGYAKARTA

Rina Lusiana A, NIM : 17204010017 (2019) PENDIDIKAN ISLAM TRANSFORMATIF PADA PEREMPUAN PUTUS SEKOLAH DI PINGGIRAN KALI CODE KOTA YOGYAKARTA. Masters thesis, UIN Sunan Kalijaga.

[img]
Preview
Text (PENDIDIKAN ISLAM TRANSFORMATIF PADA PEREMPUAN PUTUS SEKOLAH DI PINGGIRAN KALI CODE KOTA YOGYAKARTA)
17204010017_BAB-I_IV_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (8MB) | Preview
[img] Text (PENDIDIKAN ISLAM TRANSFORMATIF PADA PEREMPUAN PUTUS SEKOLAH DI PINGGIRAN KALI CODE KOTA YOGYAKARTA)
17204010017_BAB-II_SAMPAI_BAB-III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Abstract

Kecenderungan pelajar putus sekolah masih menjadi hal yang biasa di pinggiran kali code. Putus sekolah merupakan sebuah fenomena gagalnya umat muslim bertransformasi di wilayah Yogyakarta. Kampung Jogoyudan terletak di kecamatan Jetis termasuk kampung yang tinggi angka putus sekolah terutama pada perempuan. Beberapa komunitas dan aktivitas masyarakat mempunyai peran dalam pendampingan pada perempuan putus sekolah sebagai implementasi pendidikan Islam transformatif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implikasi langsung dari pendidikan Islam transformatif. Hal tersebut bisa terlihat dari pentingnya komunitas maupun aktivitas masyarakat sebagai pendidikan Islam transformatif, proses atau penerapan pendidikan Islam transformatif, dan evaluasi pendidikan Islam transformatif pada perempuan putus sekolah di pinggiran kali code Yogyakarta. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif deskripsi. Metode pengumpulan data diperoleh dari wawancara, observasi, dokumentasi dan triangulasi. Kerangka teori yang digunakan peneliti yaitu menggunakan teori Islam Transformatif gagasan Moeslim Abdurrahman dan teori Pendidikan Transformatif gagasan dari H.A.R Tilaar. Peneliti menggabungkan teori tersebut menjadi teori baru agar bisa dihubungkan dengan subjek yang diteliti. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) pendidikan Islam transformatif penting sebagai paradigma baru bagi perempuan putus sekolah untuk berperan di lingkungannya. Paradigma pendidikan Islam transformatif digunakan pada beberapa pihak yaitu aktivitas masyarakat dan komunitas. Aktivitas masyarakat tersebut seperti PAUD, Jam Belajar Masyarakat, masjid muttaqin, tokoh masyarakat dan bersinergi dengan masyarakat yang berpendidikan tinggi. Sedangkan komunitas yang mendampingi diantaranya ada Paku Bangsa dan Pashmina. (2) Semua kegiatan tersebut saling berkesinambungan untuk mendampingi perempuan putus sekolah baik dalam ranah sosial maupun kemandirian ekonomi. Bu Husnul dan Bu Ika Sogirin termasuk perempuan putus sekolah yang berhasil mengembangkan keterampilannya kemudian memberikan pengaruh terhadap lingkungannya. (3) Evaluasi jangka pendek berupa penilaian proses perempuan putus sekolah selama berpartisipasi kegiatan. Sedangkan evaluasi jangka panjang sampai pada daya guna perempuan putus sekolah untuk pribadinya dan lingkungannya.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Dr. Radjasa, M.Si
Uncontrolled Keywords: Pendidikan Islam Transfomatif, Implikasi, Perempuan Putus Sekolah, Pinggiran Kali Code
Subjects: Kependidikan Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam (S2) > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 21 Oct 2020 13:25
Last Modified: 21 Oct 2020 13:31
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/38710

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum