MANAJEMEN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM UNTUK MENINGKATKAN KOMPETENSI SISWA KELAS 5 DI SD NEGERI NANGGULAN YOGYAKARTA

Mukhsin, S. Pd, NIM: 17204010111 (2019) MANAJEMEN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM UNTUK MENINGKATKAN KOMPETENSI SISWA KELAS 5 DI SD NEGERI NANGGULAN YOGYAKARTA. Masters thesis, UIN Sunan Kalijaga.

[img]
Preview
Text (MANAJEMEN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM UNTUK MENINGKATKAN KOMPETENSI SISWA KELAS 5 DI SD NEGERI NANGGULAN YOGYAKARTA)
17204010111_BAB I, BAB V, DAFTAR PUSTAKA, LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (12MB) | Preview
[img] Text (MANAJEMEN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM UNTUK MENINGKATKAN KOMPETENSI SISWA KELAS 5 DI SD NEGERI NANGGULAN YOGYAKARTA)
17204010111_BAB II, BAB III, BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Abstract

Adapun latar belakang penelitian ini adalah: manajemen guru pendidikan agama Islam, yang ada di SD Negeri Nanggulan bisa dikatakan baik, karena perencanaan yang dilakukan seperti adanya perangkat pembelajaran, menyiapkan LCD, KIT pembelajaran PAI, penentuan materi, metode, strategi, pemutaran film pendek yang berdurasi 10 menit terkait materi pelajaran sehingga berdampak kepada kompetensi kognitif, afektif dan psikomotorik siswa. Subjek dalam penelitian ini adalah kepala sekolah, guru pendidikan agama Islam, guru kelas dan siswa/siswi SD Negeri Nanggulan Yogyakarta, sedangkan obyek penelitian ini adalah manajemen guru pendidikan agama Islam untuk meningkatkan kompetensi siswa. Pendekatan yang peneliti gunakan adalah kualitatif diskriftif. Hasil penelitian ini adalah (1) penggunaan pendekatan manajemen guru pendidikan agama Islam untuk meningkatkan kompetensi siswa kelas 5 di SD Negeri Nanggulan Yogyakarta yaitu: a). perencanaannya sebagai acuan/pedoman guru ketika mengajar, b) organizing/pengorganisasian Tercapainya tujuan pembelajaran secara efektif dan efisien, skala proritas, c) actuating/menggerakkan untuk memotivasi dan mengarahkan. d) controlling/pengawasan untuk Menghentikan atau meniadakan kesalahan. e) evaluating/evaluasi untuk mengetahui pencapain siswa. (2) Manajemen Guru Pendidikan Agama Islam di SD Negeri Nanggulan seperti: a) menyiapkan perangkat pembelajaran, mengembangkan materi pelajaran, dan ber’doa bersama. b) mengkondisikan kelas dan penggunanaan media. c) memberikan reward, motivasi, bimbingan dan penggunaan metode. d) memantau jalannya diskusi dan kerjasama anatara warga sekolah. e) penilaian berupa proses dan hasil belajar. (3) Dampak positif manajemen guru pendidikan agama Islam di SD Negeri Nanggulan Yogyakarta seperti: a) segi kognitif, siswa mampu menjelaskan isi maateri kecuali materi Ikhlas seperti sulit membahasakan pengertiannya. b) segi afektif, siswa mampu bersikap tentang materi Q.S. Al-Ma’un, jujur, puasa ramadhan, kisah teladan Abu Bakar dan Umar Bin Khattab, hidup sederhana dan ikhlas c) siswa mampu mempraktikkan materi Q.S. Al-Ma’un, jujur, puasa ramadhan, kisah teladan, hidup sederhana dan ikhlas.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Dr. Hj. Na’imah, M.Hum
Uncontrolled Keywords: Manajemen, guru, kompetensi.
Subjects: Pendidikan > Manajemen Pendidikan
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S-2) > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 21 Oct 2020 13:49
Last Modified: 21 Oct 2020 13:49
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/38717

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum