PEMBINAAN AGAMA ISLAM DALAM MENINGKATKAN KECERDASAN SPIRITUAL NARAPIDANA WANITA DI LEMBAGA PEMASYARAKATAN KELAS IIB YOGYAKARTA

Ayu Munira, NIM: 17204010162 (2019) PEMBINAAN AGAMA ISLAM DALAM MENINGKATKAN KECERDASAN SPIRITUAL NARAPIDANA WANITA DI LEMBAGA PEMASYARAKATAN KELAS IIB YOGYAKARTA. Masters thesis, UIN Sunan Kalijaga.

[img]
Preview
Text (PEMBINAAN AGAMA ISLAM DALAM MENINGKATKAN KECERDASAN SPIRITUAL NARAPIDANA WANITA DI LEMBAGA PEMASYARAKATAN KELAS IIB YOGYAKARTA)
17204010162_BAB-I_BAB-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (7MB) | Preview
[img] Text (PEMBINAAN AGAMA ISLAM DALAM MENINGKATKAN KECERDASAN SPIRITUAL NARAPIDANA WANITA DI LEMBAGA PEMASYARAKATAN KELAS IIB YOGYAKARTA)
17204010162_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Abstract

Penelitian “Pembinaan Agama Islam Dalam Meningkatkan Kecerdasan Spiritual Narapidana Wanita Di Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIB Yogyakarta” ini adalah kajian yang membahas tentang proses peningkatan kecerdasan spiritual melalui program pembinaan agama Islam. Pemerintah Indonesia telah menetapkan program pembinaan agama Islam sebagai kegiatan wajib yang harus diikuti oleh seluruh narapidana yang beragama Islam. Adapun yang ingin dilihat dalam penelitian ini adalah pelaksanaan program pembinaan agama Islam di Lapas Kelas IIB Yogyakarta dan pembinaan agama Islam dalam meningkatkan kecerdasan spiritual narapidana wanita di Lapas kelas IIB Yogyakarta. Fokus Penelitian adalah seluruh narapidana wanita yang beragama Islam di Lapas kelas IIB Yogyakarta. Data yang peneliti kumpulkan melalui tahap observasi dengan mengikuti langsung pelaksanaan pembinaan agama Islam dan mengamati para narapidana dari jarak dekat, kemudian melakukan wawancara dengan petugas lapas, pembina agama Islam dan beberapa narapidana, selanjutnya peneliti juga membagikan angket kepada seluruh narapidana muslimah yang ada di Lapas, dan yang terakhir peneliti mengumpulkan data dengan mendokumentasikan kegiatan-kegiatan keagaamaan yang dilaksanakan di Lapas tersebut. Metode penelitian adalah kualitatif-deskriptif yang bertujuan untuk mengungkapkan kejadian atau fakta, keadaan, fenomena, variabel dan keadaan yang terjadi saat penelitian berlangsung dengan menyuguhkan apa yang sebenarnya terjadi dilapangan. Temuan penting dalam penelitian ini adalah, meskipun pembinaan agama Islam yang dilaksanakan di Lapas wanita kelas IIB Yogyakarta mendapatkan berbagai hambatan, akan tetapi program pembinaan agama Islam telah berhasil meningkatkan kecerdasan spiritual narapidana wanita. Tolok ukur keberhasilan adalah narapidana mampu bersikap fleksibel dan integrasi diri, memiliki tingkat kesadaran diri yang tinggi juga mampu menggambarkan diri dengan baik, mampu menghadapi rasa sakit dan memanfaatkan penderitaan, enggan untuk membuat kerugian yang tidak perlu, dapat melihat keterkaitan dalam berbagai hal, bertanya “mengapa” dan “bagaimana jika” dan mampu menjadi pemimpin yang penuh pengabdian

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Dr. H. Suyadi, M.A
Uncontrolled Keywords: Pembinaan, Narapidana, Kecerdasan Spiritual.
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S-2)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 23 Oct 2020 09:30
Last Modified: 23 Oct 2020 09:30
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/38726

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum