IMPLEMENTASI PENDIDIKAN HUMANIS DALAM PEMBINAAN RELIGIUSITAS SISWA SMK N 5 YOGYAKARTA

Febriza, NIM. 17204010165 (2019) IMPLEMENTASI PENDIDIKAN HUMANIS DALAM PEMBINAAN RELIGIUSITAS SISWA SMK N 5 YOGYAKARTA. Masters thesis, UIN Sunan Kalijaga.

[img]
Preview
Text (IMPLEMENTASI PENDIDIKAN HUMANIS DALAM PEMBINAAN RELIGIUSITAS SISWA SMK N 5 YOGYAKARTA)
17204010165_BAB -I_ IV_ DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (14MB) | Preview
[img] Text (IMPLEMENTASI PENDIDIKAN HUMANIS DALAM PEMBINAAN RELIGIUSITAS SISWA SMK N 5 YOGYAKARTA)
17204010165_BAB -II_ sampai_ SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Maraknya tingkat kekerasan di dunia pendidikan dapat dikatakan cukup tinggi, mulai kekerasan antar pendidik-peserta didik, antar pelajar dan lainnya. Masalah ini menggambarkan bahwa pendidikan di Indonesia masih tergolong kritis. Oleh karenanya pendidikan humanis-religius diharapkan dapat menjadi solusi mengurangi permasalahan tersebut. Penelitian ini dilakukan untuk mengkaji permasalahan dan memberi solusi dengan penerapan pendidikan humanis dalam pembinaan religius di sekolah dengan beberapa kegiatan untuk tercapainya pendidikan yang sesuai dengan tujuan pendidikan nasional. Salah satu sekolah yang yang menerapkan program pendidikan humanis-religius yaitu sekolah SMK N 5 Yogyakarta. Oleh karenanya penelitian ini beruaha mengkaji beberapa hal, yaitu: bagaimana implementasi pendidikan humanis, apa saja kontribusi kegiatan program tersebut, dan apa saja kunci keberhasilannya dalam pembinaan religusitas siswa di SMK N 5 Yogyakarta. Penelitian ini tergolong dalam penelitian lapangan yang bersifat deskriptif kualitatif, dan menggunakan pendekatan psikologi pendidikan. Subjek penelitian ini adalah Guru Pendidikan Agama dan Budi Pekerti dan Peserta didik SMK N 5 Yogyakarta. Pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Analisis data melalui tahapan reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan atau verifkasi, dan uji keabsahan data. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa implementasi pendidikan humanis dalam pembinaan religiusitas siswa di SMK N 5 Yogyakarta terlihat dalam proses perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasinya. Dalam perencanaan pendidikan humanis dalam pembinaan religiusitas siswa yaitu mengacu pada visi, misi, dan tujuan SMK N 5 Yogyakarta yang bertujuan mempelancar perkembangan pribadi peserta didik sesuai fitrahnya secara optimal. Dalam pelaksanaannya pendidikan humanis dalam pembinaan religiusitas siswa dilakukan dengan beberapa metode yaitu 1) metode diskusi, 2) metode resitasi (pemberian tugas belajar). 3) metode teladan. 4) metode pembiasaan akhlak terpuji. Sedangkan untuk mengevaluasi pendidikan humanis dalam pembinaan religiusitas siswa lebih mengutamakan proses dan memiliki 4 tahapan penilaian yaitu: 1) penilaian sikap spritual, 2) penilaian sikap sosial, 3) penilaian pengetahuan, 4) penilaian keterampilan. Adapun kotribusi pendidikan humanis dalam pembinaan religiusitas siswa di SMK N 5 Yogyakarta dilakukan secara multi dimensi yakni keyakinan tiap individu yang tidak menipu Tuhan-nya. Bahwa Tuhan-nya selalu melihatnya di mana dan kapan saja ia berada. Itulah ciri manusia religius sejati. Sedangkan kunci keberhasilan pendidikan humanis dalam pembinaan religiusitas siswa di SMK N 5 Yogyakarta, pendidik tidak hanya sebatas menstrasfer ilmu pengetahuan saja akan tetapi menerapkan secara bersama-sama baik peserta didik ataupun pendidik.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Dr. H. Karwadi, M.Ag
Uncontrolled Keywords: Pendidikan Humanis, Pembinaan, Religiusitas Siswa
Subjects: Pendidikan > Kurikulum
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S-2)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 23 Oct 2020 09:32
Last Modified: 23 Oct 2020 09:32
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/38729

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum