PENGEMBANGAN MICRO TEACHING BERBASIS INKUIRI SEBAGAI PENINGKATAN KREATIVITAS BAGI MAHASISWA PRODI PENDIDIKAN BAHASA ARAB DI IAIN SYEKH NURJATI CIREBON

Fithria Rif’atul ‘Azizah, NIM.17204011084 (2019) PENGEMBANGAN MICRO TEACHING BERBASIS INKUIRI SEBAGAI PENINGKATAN KREATIVITAS BAGI MAHASISWA PRODI PENDIDIKAN BAHASA ARAB DI IAIN SYEKH NURJATI CIREBON. Masters thesis, UIN Sunan Kalijaga.

[img]
Preview
Text (PENGEMBANGAN MICRO TEACHING BERBASIS INKUIRI SEBAGAI PENINGKATAN KREATIVITAS BAGI MAHASISWA PRODI PENDIDIKAN BAHASA ARAB DI IAIN SYEKH NURJATI CIREBON)
17204011084_BAB I_BAB_TERAKHIR_DAFTAR_PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (8MB) | Preview
[img] Text (PENGEMBANGAN MICRO TEACHING BERBASIS INKUIRI SEBAGAI PENINGKATAN KREATIVITAS BAGI MAHASISWA PRODI PENDIDIKAN BAHASA ARAB DI IAIN SYEKH NURJATI CIREBON)
17204011084_BAB II_S.D_SEBELUM_BAB_TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (9MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk berupa modul micro teaching berbasis inkuiri terbimbing dengan maksud dapat digunakan sebagai peningkatan kreativitas mahasiswa PPL prodi Pendidikan Bahasa Arab di IAIN Syekh Nurjati Cirebon. Adapun model pengembangan yang digunakan oleh peneliti yaitu model pengembangan Dick and Carrey. Dari 10 tahapan pengembangan yang disajikan, peneliti hanya menggunakan 9 tahapan karena pengembangan program micro teaching yang dilakukan hanya sebatas pada uji coba prototipe. Dari 9 tahapan, peneliti sederhanakan lagi menjadi 4 tahapan. Subjek ujicoba sejumlah 49 mahasiswa dan 1 dosen micro teaching. Teknik pengumpulan data menggunakan angket/kuesioner, observasi dan wawancara tidak terstruktur. Data dari angket validasi serta respon mahasiswa dan guru dianalisis menggunakan skala likert. Sedangkan untuk data observasi dan wawancara dianalisis menggunakan analisis data kualitatif Miles dan Huberman. Hasil dari penelitian ini yaitu sebuah modul micro teaching berbasis inkuiri terbimbing. Modul tersebut dinyatakan baik dari segi materi, bahasa dan desainnya. Validasi modul ditentukan berdasarkan hasil penilaian tim ahli, respon mahasiswa dan dosen micro teaching. Adapun hasil perhitungan modul micro teaching berbasis inkuiri terbimbing yang telah dikembangkan, berdasarkan penilaian ahli materi dan bahasa sangat baik (SB) dengan skor 124 dan tingkat persentase keidealan 85,52%. Penilaian ahli desain pembelajaran sangat baik (SB) dengan skor 124 dan tingkat persentase keidealan 85,52%. Sementara itu respon mahasiswa kelompok kecil sangat baik (SB) dengan tingkat persentase keidelan 84,77%, respon mahasiswa kelompok besar sangat baik (SB) dengan tingkat persentase keidealan 86,66%, dan respon dosen micro teaching sangat baik (SB) dengan tingkat persentase keidealan 87,41%. Oleh karena itu dapat dikatakan modul micro teaching berbasis inkuiri terbimbing ini layak digunakan sebagai peningkatan kreativitas mahasiswa PPL prodi Pendidikan Bahasa Arab di IAIN Syekh Nurjati Cirebon

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Dr. H. Maksudin, M.Ag
Uncontrolled Keywords: Micro Teaching, Inkuiri Terbimbing, Kreativitas Mahasiswa PPL
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Perguruan Tinggi
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam (S2) > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 23 Oct 2020 13:16
Last Modified: 23 Oct 2020 13:16
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/38738

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum