MODEL-MODEL PEMBELAJARAN PAI UNTUK MENINGKATKAN KECERDASAN EMOSIONAL PADA SISWA SMAN 5 YOGYAKARTA

Fikri Aji Pamungkas, NIM: 17204011096. (2019) MODEL-MODEL PEMBELAJARAN PAI UNTUK MENINGKATKAN KECERDASAN EMOSIONAL PADA SISWA SMAN 5 YOGYAKARTA. Masters thesis, UIN Sunan Kalijaga.

[img]
Preview
Text (MODEL-MODEL PEMBELAJARAN PAI UNTUK MENINGKATKAN KECERDASAN EMOSIONAL PADA SISWA SMAN 5 YOGYAKARTA)
17204011096_BAB-I_BAB-IV_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (MODEL-MODEL PEMBELAJARAN PAI UNTUK MENINGKATKAN KECERDASAN EMOSIONAL PADA SISWA SMAN 5 YOGYAKARTA)
17204011096_BAB-II_SAMPAI_BAB-III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian berawal dari upaya guru PAI dalam menerapkan model-model pembelajaran untuk meningkatkan kecerdasan emosional siswa. Disini guru PAI menggunakan tiga model pembelajaran dimana tiga model tersebut berkaitan dengan keagamaan. Dan tujuannya adalah untuk memberikan motivasi, kontrol diri dan menumbuhkan rasa empati terhadap siswa dalam hal pembelajaran disekolah maupun permasalahan yang dihadapi diluar sekolah. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif yang didalamnya menggunakan metode observasi, wawancara,dan dokumentasi. Sekarang banyak siswa yang hanya mampu dalam kemampuan kognitif, siswa kurang mampu mengkontrol dirinya dari segi emosional. Seperti mudah tersinggung, mudah marah, serta mengambil tindakan yang merugikan orang lain. Untuk itu perlu adanya cara untuk mengsinergikan antara kemampuan kognitif dengan kecerdasan emosional. Lalu untuk mencari pengaruh ataupun faktor yang bisa dilakukan guru dalam model pembelajaran PAI Supaya prestasi belajar dan perilaku siswa itu dapat terkondisikan dan meningkat dengan baik adalah dengan observasi SMAN 5 Yogyakarta. peneliti menemukan beberapa model pembelajaran yang diterapkan guru pada siswanya yang berdampak pada perilaku positif pada peserta didik itu sendiri. Hal itu terlihat dari kegiatan pagi hari dengan di awali pagi simpatik, saat pagi hari guru sudah siap menunggu didepan gerbang menyambut siswanya dengan tujuan untuk beramah tamah saling bersalaman. Hal tersebut bertujuan untuk menumbuhkan rasa saling menghargai, sikap kasih sayang, yang sesuai dengan basik disekolah yaitu pendekatan afeksi. Selain itu guru juga sangat menekankan ajaran agama, terkait keagamaan dimulai dari setelah siswa masuk KBM perta

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Dr. Sembodo Ardi Widodo S. Ag, M. Ag
Uncontrolled Keywords: model-model pembelajaran, meningkatkan, kecerdasan emosional.
Subjects: Pendidikan > Metode Pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S-2)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 02 Nov 2020 09:38
Last Modified: 02 Nov 2020 09:39
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/38740

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum