PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BERBASIS HIGHER ORDER THINKING SKILLS (HOTS) PADA MATA PELAJARAN SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM KELAS VIII MTsN 3 SLEMAN SEMESTER GANJIL

Hoerul Ansori, NIM.17204010177 (2019) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BERBASIS HIGHER ORDER THINKING SKILLS (HOTS) PADA MATA PELAJARAN SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM KELAS VIII MTsN 3 SLEMAN SEMESTER GANJIL. Masters thesis, UIN Sunan Kalijaga.

[img]
Preview
Text (PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BERBASIS HIGHER ORDER THINKING SKILLS (HOTS) PADA MATA PELAJARAN SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM KELAS VIII MTsN 3 SLEMAN SEMESTER GANJIL)
17204010177_BAB -I_ IV_ DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (8MB) | Preview
[img] Text (PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BERBASIS HIGHER ORDER THINKING SKILLS (HOTS) PADA MATA PELAJARAN SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM KELAS VIII MTsN 3 SLEMAN SEMESTER GANJIL)
17204010177_BAB -II_ sampai_ SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (7MB)

Abstract

Latar belakang karena kurangnya sosialisasi yang dilakukan oleh pemerintah terkait Ujian Akhir Berbasis Komputer yang berbobot tinggi (HOTS), adanya keluhan dari guru mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam mengenai metode pembelajaran SKI, dan hasil temuan yang dilakukan peneliti terhadapa buku ajar yang dikeluarkan oleh pemerintah yang masih ditemukan adanya kekurangan dan kelemahan. Permasalahan tersebut memberikan kesadaran bagi peneliti untuk mengembangkan sebuah bahan ajar dengan menghadirkan sebuah produk yang dibutuhkan oleh madrasah di tempat peneliti lakukan. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan atau jika diartikan ke dalam bahasan Inggris Research and Development, yaitu penelitian yang digunakan untuk menghasilkan sebuah produk tertentu, dengan menguji keefektifan produk tersebut. Hasil penelitian menujukkan bahwa (1) pengembangan bahan ajar berbasis HOTS yang dikembangkan terdiri dari Historical, Theoritical, Cases, dan Value yang ke empatnya menjadi pendukung untuk mengembangakan sebuah bahan ajar berbasis HOTS yang diinginkan. (2) Berdasarkan hasil validasi dari para ahli tersebut diperoleh nilai dari ahli materi 89 (baik), ahli media 82 (baik), dan ahli praktisi 98 (sangat baik). Selain telah melalui proses validasi dari berbagai ahli, bahan ajar yang dikembangkan dilanjutkan kepada proses keefektivan dalam proses pembelajaran dengan diperoleh hasil sig 0,001<0,05, maka hipotesis alternatif yang berbunyi “Ada perbedaan signifikan hasil belajar Sejarah Kebudayaan Islam antara sebelum dan sesudah diterapkan buku ajar berbasis HOTS” terbukti dapat diterima.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Dr. Muqowim, M.Ag
Uncontrolled Keywords: Bahan Ajar, Higher order Thinking Skills (HOTS), Sejarah Kebudayaan Islam.
Subjects: Pendidikan > Metode Pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S-2)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 02 Nov 2020 19:20
Last Modified: 02 Nov 2020 19:20
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/38743

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum