MANAJEMEN PENGEMBANGAN LIFE SKILL DI PONDOK MODERN GONTOR VII SULAWESI TENGGARA (Studi Kepemimpinan Kiai Dalam Mengembangkan Life Skill Melalui Ekonomi Mandiri Untuk Meningkatkan Mutu Pondok)

Ihwan Fauzi, NIM.17204090006 (2019) MANAJEMEN PENGEMBANGAN LIFE SKILL DI PONDOK MODERN GONTOR VII SULAWESI TENGGARA (Studi Kepemimpinan Kiai Dalam Mengembangkan Life Skill Melalui Ekonomi Mandiri Untuk Meningkatkan Mutu Pondok). Masters thesis, UIN Sunan Kalijaga.

[img]
Preview
Text (MANAJEMEN PENGEMBANGAN LIFE SKILL DI PONDOK MODERN GONTOR VII SULAWESI TENGGARA (Studi Kepemimpinan Kiai Dalam Mengembangkan Life Skill Melalui Ekonomi Mandiri Untuk Meningkatkan Mutu Pondok))
17204090006_BAB-I_V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (13MB) | Preview
[img] Text (MANAJEMEN PENGEMBANGAN LIFE SKILL DI PONDOK MODERN GONTOR VII SULAWESI TENGGARA (Studi Kepemimpinan Kiai Dalam Mengembangkan Life Skill Melalui Ekonomi Mandiri Untuk Meningkatkan Mutu Pondok))
17204090006_BAB-II_S.D_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (7MB)

Abstract

Penelitian ini berawal dari semakin tingginya angka pengangguran Indonesia dikarenakan kurangnya kecakapan hidup, dan tingginya biaya operasional pondok modern mendorong mereka untuk melakukan inovasi dalam perekonomian. Ekonomi mandiri diperlukan untuk mendukung biaya operasional pendidikan dan peningkatan mutu. Pelaksanaan ekonomi mandiri di pondok pesantren ditangani langsung oleh para santrinya dan dibimbing oleh kiai dan ustadz, supaya meningkatkan kecakapan hidup (life skill) santri, sebagai bekal kelak ketika sudah lulus dari pondok dan semua itu tentunya di bawah kepemimpinan kiai, itulah Peran kiai sangat penting dalam hal ini. Penelitian ini dilakukan dengan pendekatan kualitatif yang berlokasi di Pondok Modern Gontor VII Kendari , Sulawesi Tenggara. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, indept interview, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan model Miles dan Huberman, yaitu analisis data menggunakan model interaktif dengan langkah-langkah; pengumpulan data; data reduction, data display dan data verification. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Peran seorang kiai sebagai pemimpin dipercayai mampu mengubah lingkungan kerja, motivasi kerja, pola kerja, dan nilai kerja yang dirasakan bawahan (santri) sehingga mereka lebih mampu mengoptimalkan kinerja untuk mencapai tujuan pondok Gontor VII. Kepemimpinan kiai lebih dekat dengan kepemimpinan transaksional dan spiritual, yang ditandai dengan gaya kepemimpinan yang menekankan transaksi antara pemimpin dan bawahan, maksudnya ada kesepakatan yang dibangun antara mereka seperti hadiah dan hukuman bagi santri yang melaksanakan tugas dengan amanah dan sebaliknya. Pengembangan life skill dalam kemandirian ekonomi di Pondok Modern Gontor terdapat di koperasi pelajar. Life skill yang dikembangkan berupa kecakapan umum (general life skill) yakni; kecakapan individu (personal skill) dan kecakapan sosial (social skill). Kecakapan ini didapatkan ketika santri mendapatkan tanggung jawab dalam pengelolaan koperasi dan pertanian. Implementasi ekonomi mandiri di pondok Modern Gontor berfungsi sebagai penunjang operasional pendidikan dan sebagai sarana pendidikan life skill bagi santri, hal tersebut Karena santri terlibat langsung dalam pengelolaan unit-unit usaha yang dimiliki pondok. Pondok menyediakan sarana dan prasarana yang mendukung santrinya untuk mengembangkan life skill dan sebagai peningkatan mutu pendidikan.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Dr. Subiyantoro,M.Ag
Uncontrolled Keywords: Kepemimpinan Kiai, Life Skill, Kemandirian Ekonomi, Mutu Pondok
Subjects: Pendidikan > Manajemen Pendidikan
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S-2) > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 02 Nov 2020 19:20
Last Modified: 02 Nov 2020 19:20
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/38744

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum