SIKAP KEBERAGAMAAN MULTIKULTURAL PESERTA DIDIK DI LEMBAGA PENDIDIKAN DASAR ISLAM (Studi Kasus di SDIT Muhammadiyah, SD Trisukses, dan MI Nahdhatul Ulama di Bandar Lampung)

Nur Asiah, NIM. 1430017008 (2019) SIKAP KEBERAGAMAAN MULTIKULTURAL PESERTA DIDIK DI LEMBAGA PENDIDIKAN DASAR ISLAM (Studi Kasus di SDIT Muhammadiyah, SD Trisukses, dan MI Nahdhatul Ulama di Bandar Lampung). Doctoral thesis, UIN Sunan Kalijaga.

[img]
Preview
Text (SIKAP KEBERAGAMAAN MULTIKULTURAL PESERTA DIDIK DI LEMBAGA PENDIDIKAN DASAR ISLAM (Studi Kasus di SDIT Muhammadiyah, SD Trisukses, dan MI Nahdhatul Ulama di Bandar Lampung))
1430017008 BAB I, VI, DAFTAR PUSTAKA .pdf - Published Version

Download (14MB) | Preview
[img] Text (SIKAP KEBERAGAMAAN MULTIKULTURAL PESERTA DIDIK DI LEMBAGA PENDIDIKAN DASAR ISLAM (Studi Kasus di SDIT Muhammadiyah, SD Trisukses, dan MI Nahdhatul Ulama di Bandar Lampung))
1430017008 BAB II, III, IV, V .pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (12MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi pentingnya sikap keberagamaan multikultural dimiliki peserta didik agar mampu mengarahkan cara berpikir dan bertindaknya sesuai dengan nilai-nilai agama yang dianutnya dalam kehidupan pribadi maupun sosial, sehingga senantiasai bersikap terbuka, mau menerima perbedaan yang ada, menghormati kelompok yang berbeda dengannya, dan hidup berdampingan dengan penuh kedamaian. Hasil prasurvey ditemukan bahwa masih ada peserta didik di lembaga pendidikan dasar Islam menunjukkan sikap keberagamaan multikultural yang kurang baik. Rumusan masalahnya adalah (1) seberapa besar tingkat sikap keberagamaan multikultural peserta didik?, (2) faktor-faktor apasajakah yang mempengaruhi sikap keberagamaan multikultural peserta didik?, dan (3) bagaimana upaya sekolah membangun sikap keberagamaan multikultural peserta didik?. Tujuan utama penelitian adalah untuk memaparkan dan menganalisis sikap keberagamaan multikultural peserta didik dan upaya pembentukannya. Penelitian menggunakan mix method yaitu metode kuantitatif dan kualitatif secara bersamaan, dengan sumber data seluruh informan di SDIT Muhammadiyah, SD Trisukses, dan MI Nahdlatul Ulama yang memahami tentang masalah penelitian dan memenuhi syaratsyarat yang telah ditentukan. Pengumpulan data melalui teknik angket, wawancara, observasi, dan dokumentasi, yang hasilnya kemudian dianalisis secara statistik deskriptif dan kualitatif. Hasil penelitian ini adalah (1) Sikap keberagamaan multikultural peserta didik di SDIT Muhammadiyah, SD Trisukses, dan MI Nahdlatul Ulama Bandar Lampung pada umumnya dikategorikan sedang dengan persentase 64% dari 225 peserta didik. Apabila dilihat dari asal sekolah sikap keberagamaan multikultural peserta didik yang dikategorikan tinggi, persentase paling banyak berasal dari peserta didik di MI Nahdlatul Ulama yaitu sebanyak 23,4% sedangkan sikap keberagamaan multikultural pada kategori rendah paling banyak pada peserta didik SD Trisukses yaitu 71,9%. Besarnya persentase sikap keberagamaan multikultural peserta didik MI Nahdlatul Ulama yang dikategorikan tinggi dapat dilihat dari banyaknya sikap peserta didik yang selalu menerima, menanggapi, menghargai, menghayati, dan mengamalkan nilai-nilai multikultural dalam beragama pada kehidupannya sehari-hari. Sedangkan banyaknya persentase sikap keberagamaan multikultural peserta didik SD Trisukses yang dikategorikan rendah, karena masih banyak peserta didik yang kurang menerima perbedaan, kurang percaya, kurang pengertian, kurang menghargai, kurang terbuka dalam berpikir, dan kurang mampu memaafkan/berdamai. (2) faktor pembentuk sikap keberagamaan peserta didik merupakan kolaborasi dari pengaruh lingkungan keluarga, sekolah, dan masyarakat. (3) upaya sekolah membangun sikap keberagamaan multikultural peserta didik antara lain: integrasi materi, merekontruksi pengetahuan, memperkecil prasangka, pendidikan berkeadilan, dan pemberdayaan kultur sekolah.

Item Type: Thesis (Doctoral)
Additional Information: 1. Prof. Dr. Syaiful Anwar, M.Pd 2. Dr. Hj. Sri Sumarni, M.Pd
Uncontrolled Keywords: keberagaman, multikultural, peserta didik, pendidikan Islam
Subjects: AGAMA - PERBANDINGAN - PENDIDIKAN
Divisions: Pascasarjana > Disertasi > Study Islam
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 02 Nov 2020 19:23
Last Modified: 02 Nov 2020 19:23
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/38754

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum