PENDIDIKAN KARAKTER DI MADRASAH TSNAWIYAH NEGERI KABUPATEN KLATEN

Sri Hartini, NIM. 1530016008 (2019) PENDIDIKAN KARAKTER DI MADRASAH TSNAWIYAH NEGERI KABUPATEN KLATEN. Doctoral thesis, UIN Sunan Kalijaga.

[img]
Preview
Text (PENDIDIKAN KARAKTER DI MADRASAH TSNAWIYAH NEGERI KABUPATEN KLATEN)
1530016008_SEBELUM_BAB I_BAB V DAN DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (11MB) | Preview
[img] Text (PENDIDIKAN KARAKTER DI MADRASAH TSNAWIYAH NEGERI KABUPATEN KLATEN)
1530016008_BAB II_BAB III DAN BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (24MB)

Abstract

Karakter adalah tabiat, watak, sifat-sifat kejiwaan dan akhlak yang ada pada diri seseorang. Selain itu karakter juga diartikan sebagai kepemilikan akan hal-hal yang baik. Kebaikan tersebut seperti kejujuran, keberanian, keadilan, dan kasih sayang. Pendidikan karakter adalah usaha sengaja/ sadar untuk mewujudkan kebajikan, yaitu kualitas kemanusiaan yang baik secara objektif, bukan hanya baik untuk individu perseorangan, tetapi juga baik untuk masyarakat secara keseluruhan. Penelitian ini bertujuan untuk: 1. Mengetahui permasalahan pendidikan karakter dilihat dari segi pendekatan mikro, meso, dan makro 2. Mengetahui implementasi pendidikan karakter menurut tiga pendekatan mikro, meso, dan makro tersebut 3. Mengetahui alasan perlunya pendidikan karakten dilakukan di MTs Negeri Kabupaten Klaten 4. Mengetahui hasil implementasi dari pendidikan karakter menurut tiga pendekatan mikro, meso, dan makro Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian ini adalah Kepala madrasah, wakil kepala madrasah bidang kurikulum, wakil kepala madrasah bidang kesiswaan, guru Bimbingan Konseling dan siswa. Teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data penelitian ini menggunakan teknik analisis data model Miles and Huberman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Terdapat permasalahan terkait karakter siswa pada madrasah di Kabupaten Klaten dilihat dari segi pendekatan mikro, meso dan makro. 2) Implementasi segi mikro dilakukan oleh steakholder madrasah, segi meso dengan cara membangun kultur madrasah, sedang segi makro bekerja sama dengan orang tua wali murid. 3) Pendidikan karakter perlu dilakukan di MTs Negeri Kabupaten Klaten karena masih ada siswa yang melakukan penyimpangan perilaku 4) Hasil implementasi pendidikan karakter yang telah dikembangkan masing-masing memberikan kontribusi kepada madrasah yaitu meningkatnya karakter siswa yang lebih baik.

Item Type: Thesis (Doctoral)
Additional Information: 1. Prof. Dr. H. Maragustam, MA 2. Dr. Ahmad Arifi, M.Ag
Uncontrolled Keywords: Karakter, Pendidikan Karakter
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Karakter
Divisions: Pascasarjana > Disertasi > Study Islam
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 02 Nov 2020 19:24
Last Modified: 02 Nov 2020 19:24
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/38755

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum