PARTISIPASI KOMUNITAS MOBIL TOYOTA KIJANG CLUB INDONESIA (TKCI) PURWOREJO PADA KEGIATAN-KEGIATAN SOSIAL KEMASYARAKATAN

NURUL ALAM KEUMALAHAYATI, NIM. (15720045) (2020) PARTISIPASI KOMUNITAS MOBIL TOYOTA KIJANG CLUB INDONESIA (TKCI) PURWOREJO PADA KEGIATAN-KEGIATAN SOSIAL KEMASYARAKATAN. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga.

[img]
Preview
Text (PARTISIPASI KOMUNITAS MOBIL TOYOTA KIJANG CLUB INDONESIA (TKCI) PURWOREJO PADA KEGIATAN-KEGIATAN SOSIAL KEMASYARAKATAN)
15720045_BAB-I_V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img] Text (PARTISIPASI KOMUNITAS MOBIL TOYOTA KIJANG CLUB INDONESIA (TKCI) PURWOREJO PADA KEGIATAN-KEGIATAN SOSIAL KEMASYARAKATAN)
15720045_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Terbentuknya sebuah komunitas dilandasi oleh beberapa hal diantaranya adanya kesamaan hobi, kesukaan, senasib sepenanggungan, dan simbiosis mutualisme. Salah satunya adalah adanya komunitas mobil yang bernama Toyota Kijang Club Indonesia atau disingkat menjadi TKCI yang berada di cabang salah satu kota di Jawa Tengah yaitu Kota Purworejo. Lahirnya komunitas TKCI didasari karena adanya persamaan merk mobil yang mereka gunakan. Awal terbentuknya komunitas ini karena dipersatukan oleh kesamaan hobi, kemudian belakangan komunitas ini berpartisipasi kepada kegiatan sosial kemasyarakatan. Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk mengetahui partisipasi komunitas Toyota Kijang Club Indonesia TKCI Purworejo pada kegiatan-kegiatan sosial kemasyarakatan. Penelitian ini dianalisis menggunakan teori partisipasi menurut Britha Mikkelsen. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskripstif. Data diperoleh melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan dengan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa partisipasi komunitas Toyota Kijang Club Indonesia TKCI Purworejo pada kegiatan sosial kemasyarakatan dilakukan dengan mengambil inisitif sendiri, keterlibatan sukarela dari para anggota komunitas, keterlibatan komunitas TKCI Purworejo dalam pemberdayaan masyarakat dan dukungan masyarakat. Terlihat dari antusias para anggota komunitas Toyota Kijang Club Indonesia TKCI Purworejo yang mempunyai jiwa sosial dan solidaritas yang tinggi. Kegiatan sosial yang dilakukan oleh komunitas Toyota Kijang Club Indonesia TKCI Purworejo meliputi berpartisi dalam kegiatan donor darah, berpartisipasi memberikan bantuan kepda korban bencana alam, berpartisipasi dalam membagikan takjil pada bulan Ramadhan, dan berpartisipasi dalam menyantuni anak yatim piatu.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. Astri Hanjarwati, S.Sos., M.A.
Uncontrolled Keywords: Komunitas, Partisipasi, Kegiatan Sosial
Subjects: Sosial, Interaksi
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora > Sosiologi (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 16 Nov 2020 09:27
Last Modified: 16 Nov 2020 09:28
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/38770

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum