KEDUDUKAN PEKERJA HARIAN LEPAS MENURUT UNDANG – UNDANG NO. 13 TAHUN 2003 TENTANG KETENAGAKERJAAN (STUDI KASUS PT. BALE CATUR BOGYA CABANG JOGJA CITY MALL TAHUN 2017)

RAKA HANDIKA, NIM. 13340071 (2019) KEDUDUKAN PEKERJA HARIAN LEPAS MENURUT UNDANG – UNDANG NO. 13 TAHUN 2003 TENTANG KETENAGAKERJAAN (STUDI KASUS PT. BALE CATUR BOGYA CABANG JOGJA CITY MALL TAHUN 2017). Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (KEDUDUKAN PEKERJA HARIAN LEPAS MENURUT UNDANG – UNDANG NO. 13 TAHUN 2003 TENTANG KETENAGAKERJAAN (STUDI KASUS PT. BALE CATUR BOGYA CABANG JOGJA CITY MALL TAHUN 2017))
13340071 - BAB-I_BAB-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (5MB) | Preview
[img] Text (KEDUDUKAN PEKERJA HARIAN LEPAS MENURUT UNDANG – UNDANG NO. 13 TAHUN 2003 TENTANG KETENAGAKERJAAN (STUDI KASUS PT. BALE CATUR BOGYA CABANG JOGJA CITY MALL TAHUN 2017))
13340071 - BAB-II_SAMPAI_BAB-IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Pertumbuhan penduduk yang selalu meningkat tiap tahun telah membuka persaingan kerja, hal ini menimbulkan persaingan kerja yang kompetitif dan terbukanya lapangan pekerjaan secara luas yang kemudian mengundang siapa saja untuk masuk kedalamnya, termasuk juga di PT. Bale Catur Bogya Cabang Jogja City Mall. Guna menarik perhatian pekerja muda atau mahasiswa pada umumnya PT. Bale Catur Bogya Cabang Jogja City Mall membuka lowonngan pekerjaan dengan format pekerja harian lepas, hal ini menarik untuk diteliti karena dalam prakteknya penggunaan kontrak lisan atau tidak tertulis menjadi pilihan untuk menjalin hubungan dengan pakerja casual tersebut. Terdapat 3 (tiga) rumusan masalah dalam penelitian ini, pertama kenapa para pekerja harian lepas di PT. Bale Catur Bogya Cabang Jogja City Mall tidak diberikan kontrak tertulis, yang kedua apa saja masalah yang timbul akibat tidak diberikanya kontrak kerja secara tertulis bagi para pekerja harian lepas, dan yang ketiga Apa saja masalah yang muncul akibat tidak diberikannya kontrak kerja secara tertulis bagi pengusaha. Jenis penelitian skripsi ini tergolong penelitian lapangan (field research), yaitu penelitian yang dilakukan dengan memperoleh data secara langsung ke lapangan. Teknik pengumpulan data penelitian ini adalah melalui pengumpulan di lapangan dan kepustakaan. Studi di lapangan dilakukan dengan teknik wawancara kepada pihak PT. Bale Catur Bogya Cabang Jogja City Mall dan pekerja yang berkaitan. Studi kepustakaan yang dilakukan dengan cara mendokumentasikan dokumen dan literatur yang berhubungan dengan materi penelitian. Pendekatan yang dilakukan dalam penelitian ini adalah yuridisnormatif, dimana pendekatan yang dilakukan berdasarkan bahan hukum utama ddengan cara menelaah teori-teori, konsep-konsep, asas-asas hukum serta peraturan perundang-undangan yang berhubungan dengan perjanjian harian lepas di PT. Bale Catur Bogya Cabang Jogja City Mall. Hasil penelitian menunjukan bahwa perjanjian kerja harian lepas di PT. Bale Catur Bogya Cabang Jogja City Mall kurang sesuai karena dalam asas kebebasan berkontrak tidak sepenuhnya terpenuhi. Bila dilihat dari KEPMEN No: KEP.100/MEN/VI2004 bentuk perjanjian kerja yang tidak sesuai dapat mengakibatkan tidak dapat terlaksananya perjanjian kerja tersebut karena masih memiliki ststus hukum tertentu.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Budi Ruhiatudin, S.H., M.Hum.,
Uncontrolled Keywords: perjanjian kerja
Subjects: Ilmu Hukum
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Ilmu Hukum (S1)
Depositing User: H. Zaenal Arifin, S.Sos.I., S.IPI.
Date Deposited: 06 Mar 2020 13:49
Last Modified: 06 Mar 2020 13:49
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/38780

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum