PEMENUHAN HAK NARAPIDANA WANITA HAMIL DAN PASCA MELAHIRKAN DI LEMBAGA PEMASYARAKATAN PEREMPUAN KELAS IIB YOGYAKARTA

NURAINI SHOFFI SABDIYAH, NIM. 15340016 (2019) PEMENUHAN HAK NARAPIDANA WANITA HAMIL DAN PASCA MELAHIRKAN DI LEMBAGA PEMASYARAKATAN PEREMPUAN KELAS IIB YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PEMENUHAN HAK NARAPIDANA WANITA HAMIL DAN PASCA MELAHIRKAN DI LEMBAGA PEMASYARAKATAN PEREMPUAN KELAS IIB YOGYAKARTA)
15340016_BAB I_BAB V_DAFTAR PUSTAKA_LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (5MB) | Preview
[img] Text (PEMENUHAN HAK NARAPIDANA WANITA HAMIL DAN PASCA MELAHIRKAN DI LEMBAGA PEMASYARAKATAN PEREMPUAN KELAS IIB YOGYAKARTA)
15340016_BAB II_SAMPAI_SEBELUM_BAB_TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Negara Indonesia merupakan negara hukum. Hukum merupakan sesuatu yang sangat penting untuk mengatur dan menjamin hak dan kewajiban seseorang. Wanita dan laki-laki mempunyai hak yang sama dihadapan hukum. Narapidana wanita hamil dan narapidana wanita pasca melahirkan yang sedang menjalani masa pidananya di dalam Lembaga Pemasyarakatan merupakan bagian dari masyarakat, selaku manusia ia mempunyai hak-hak yang wajib dijunjung tinggi dan di lindungi oleh hukum dan pemerintah serta kewajiban yang harus dilakukan. Penyusun ingin meneliti tentang pemenuhan hak narapidana wanita hamil dan narapidana wanita pasca melahirkan. Dalam hal ini, terdapat faktor-faktor pendukung dan penghambat terkait pemenuhan hak bagi narapidana wanita hamil dan narapidana wanita pasca melahirkan yang dilakukan oleh petugas Lembaga Pemasyarakatan. Berdasarkan latar belakang diatas permasalahan yang akan dibahas dalam penelitian adalah bagaimana pemenuhan hak narapidana wanita hamil dan narapidana pasca melahirkan di Lembaga Pemasyarakatan Perempuan Kelas IIB Yogyakarta dan apa saja faktor-faktor pendukung dan penghambat dalam pemenuhan hak narapidana wanita hamil dan pasca melahirkan di Lembaga Pemasyarakatan Perempuan Kelas IIB Yogyakarta? Jenis penelitian adalah jenis penelitian lapangan (field research) dengan menggunakan pendekatan yuridis empiris yaitu suatu penelitian yang secara deduktif diawali dari menganalisa pasal-pasal dalam peraturan perundang-undangan yang berlaku dihubungkan dengan fakta-fakta yang ada di lapangan. Sifat penelitian dalam penelitian ini adalah preskriptif analitis tentang pemenuhan hak narapidana wanita hamil dan narapidana wanita pasca melahirkan di Lembaga Pemasyarakatan Perempuan Kelas IIB Yogyakarta. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pemenuhan hak pelayanan kesehatan dan hak mendapatkan makanan tambahan yang diberikan petugas Lembaga Pemasyarakatan Perempuan Kelas IIB Yogyakarta kepada narapidana wanita hamil dan narapidana wanita pasca melahirkan telah terpenuhi sesuai dengan Undang-Undang Nomor 12 Tahun 1995 tentang Pemasyarakatan dan Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 32 Tahun 1999 tentang Syarat dan Tata Cara Pelaksanaan Hak Warga Binaan Pemasyarakatan. bahwa tidak terpenuhinya hak-hak narapidana wanita hamil dan narapidana wanita pasca melahirkan disebabkan oleh beberapa faktor yang menjadi kendala yang dihadapi petugas lembaga pemasyarakatan dalam mengayomi serta memasyarakatkan narapidana wanita hamil dan narapidana wanita pasca melahirkan yaitu diantaranta kurangnya ruangan khusus untuk narapidana wanita hamil dan narapidana wanita pasca melahirkan, kurangnya sumber daya manusia seperti dokter gigi dan bidan dalam pemenuhan hak pelayanan kesehatan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Prof. Dr. H. Makhrus Munajat., SH., M. Hum
Uncontrolled Keywords: Hak Narapidana Wanita Hamil dan Pasca Melahirkan, Lembaga Pemasyarakatan Perempuan Kelas IIB Yogyakarta
Subjects: Ilmu Hukum
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Ilmu Hukum (S1)
Depositing User: H. Zaenal Arifin, S.Sos.I., S.IPI.
Date Deposited: 11 Mar 2020 14:36
Last Modified: 11 Mar 2020 14:36
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/38795

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum