LAYANAN BIMBINGAN KONSELING TERHADAP PEMAHAMAN STUDI LANJUT PADA SISWA KELAS IX E DI MTS NEGERI 1 BANTUL YOGYAKARTA

Yori Sandhi Anto, NIM 14220045 (2020) LAYANAN BIMBINGAN KONSELING TERHADAP PEMAHAMAN STUDI LANJUT PADA SISWA KELAS IX E DI MTS NEGERI 1 BANTUL YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (LAYANAN BIMBINGAN KONSELING TERHADAP PEMAHAMAN STUDI LANJUT PADA SISWA KELAS IX E DI MTS NEGERI 1 BANTUL YOGYAKARTA)
14220045_BAB-I_IV_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img] Text (LAYANAN BIMBINGAN KONSELING TERHADAP PEMAHAMAN STUDI LANJUT PADA SISWA KELAS IX E DI MTS NEGERI 1 BANTUL YOGYAKARTA)
14220045_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (466kB)

Abstract

YORI SANDHI ANTO, 14220045 “Layanan Bimbingan Konseling Terhadap Pemahaman Studi Lanjut pada Siswa Kelas IX E di MTs Negeri 1 Bantul Yogyakarta”. Skripsi.Yogyakarta: Fakultas Dakwah dan Komunikasi UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, 2020. Latar belakang penelitian ini adalah kebingungan siswa untuk memilih sekolah menengah tingkat atas setelah lulus dari MTs Negeri 1 Bantul Yogyakarta. Idealnya setiap siswa kelas IX MTs sudah memiliki perencanaan yang matang sehingga dapat menentukan langkah setelah menyelesaikan pendidikan di MTs sesuai dengan bakat minat serta kemampuannya melalui layanan bimbingan konseling. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan bentuk-bentuk pemberian bantuan oleh guru bimbingan dan konseling kepada siswa dalam memberikan pemahaman studi lanjut sekolah menengah tingkat atas agar sesuai dengan bakat, minat, dan kemampuan yang dimiliki oleh siswa kelas IX tahun ajaran 2019/2020 di MTs Negeri 1 Bantul Yogyakarta. Subjek penelitiannya yaitu seorang guru bimbingan dan konseling dan empat siswa dari kelas IX E. Metode pengumpulan datanya adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa bentuk-bentuk layanan bimbingan dan konseling dalam pemahaman studi lanjut sekolah menengah tingkat atas siswa kelas IX MTs Negeri 1 Bantul Yogyakarta, yaitu: Pertama, layanan informasi yang berisi mengenai informasi seluruh SMA, SMK dan MA se- provinsi DIY serta kelebihan dan kekurangan masing-masing jenis dan jurusan dari sekolah menengah tingkat atas tersebut, serta alur pendaftaran sesuai dengan zonasi atau aturan yang berlaku saat ini. Kedua, layanan penempatan dan penyaluran dilakukan dengan beberapa metode yaitu melakukan pendataan, pengarahan sesuai dengan kemampuan bakat minat serta potensi diri siswa, pengenalan lingkungan kepada siswa dan kerja sama dari sekolah menengah tingkat atas yang berada di sekitar MTs Negeri 1 Bantul Yogyakarta maupun dari sekolah yang berada di daerah Bantul dan Yogyakarta. Ketiga, layanan konseling perorangan yang dilaksanakan guru bimbingan dan konseling secara tatap muka saat siswa membutuhkan solusi atas permasalahannya memilih sekolah menengah tingkat atas.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Drs. H. Abdullah, M.Si.
Uncontrolled Keywords: Layanan Bimbingan dan Konseling, Pemahaman Studi Lanjut Sekolah Menengah Tingkat Atas.
Subjects: Bimbingan dan Konseling Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Bimbingan dan Konseling Islam (S1)
Depositing User: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 02 Apr 2020 08:19
Last Modified: 02 Apr 2020 08:19
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/38831

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum