MOTIF DAN KEPUASAN MENGAKSES AKUN INSTAGRAM nurussalamkrapyak PADA SANTRI PONDOK PESANTREN AL MUNAWWIR KOMPLEK NURUSSALAM

Lilik Nurjannah, NIM 14210034 (2020) MOTIF DAN KEPUASAN MENGAKSES AKUN INSTAGRAM nurussalamkrapyak PADA SANTRI PONDOK PESANTREN AL MUNAWWIR KOMPLEK NURUSSALAM. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (MOTIF DAN KEPUASAN MENGAKSES AKUN INSTAGRAM nurussalamkrapyak PADA SANTRI PONDOK PESANTREN AL MUNAWWIR KOMPLEK NURUSSALAM)
14210034_BAB-I_BAB-V_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (726kB) | Preview
[img] Text (MOTIF DAN KEPUASAN MENGAKSES AKUN INSTAGRAM nurussalamkrapyak PADA SANTRI PONDOK PESANTREN AL MUNAWWIR KOMPLEK NURUSSALAM)
14210034_BAB-II_SAMPAI_BAB-IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Instagram merupakan media sosial yang banyak digunakan oleh pengguna internet yang mana menempati posisi ke-7 didunia. Salah satu penggunaan instagram yaitu sebagai sarana eksistensi suatu organisasi atau instansi. Akun nurussalamkrapyak merupakan akun milik Pondok Pesantren Al Munawwir Komplek Nurussalam dan banyak diakses oleh Santri Komplek Nurussalam. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui seberapa besar kesenjangan kepuasan yang diharapkan atau motif (Gratification Sought) dengan kepuasan yang diperoleh (Gratification Obtained) setelah mengakses akun instagram nurussalamkrapyak. Penelitian ini merupakan deskriptif kuantitatif yang menggunakan metode survei dengan kuesioner yang dibuat dengan motif menggunakan media menurut McQuail. Responden dari penelitian ini adalah Santri Komplek Nurussalam yang mengakses akun instagram nurussalamkrapyak dengan jumlah sampel 50 responden. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik purposive sampling. Data hasil kuesioner diolah dengan SPSS kemudian diproses dengan coding sheet secara manual kemudian dianalisis. Sedangkan untuk mengetahui kesenjangan motif dan kepuasan dihitung dengan menggunakan rumus discrepancy Palmgreen. Hasil dari perhitungan kesenjangan diketahui bahwa Santri dalam mengakses akun nurussalamkrapyak dari 15 total indikator kepuasan, terdapat 8 indikator yang dapat memenuhi kepuasan karena persentase kesenjangan kurang dari 30%, yaitu 3 indikator kepuasan inforamsi, 3 indikator kepuasan identittas diri, dan 2 indikator dari kepuasan interaksi sosial. Sedangakan indikator yang tidak dapat memenuhi kepuasan karena persentase kesenjangan lebih dari 30% terdapat 7 indikator dari total 15 indikator, yaitu 1 indikator kepuasan informasi, 3 indikator kepuasan interaksi sosial, dan 3 indikator kepuasan hiburan

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Drs. Abdul Rozak, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Kesenjangan, motif, kepuasan, media instagram
Subjects: Penyiaran Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Komunikasi Penyiaran Islam (S1)
Depositing User: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 08 Apr 2020 11:01
Last Modified: 14 Apr 2020 10:54
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/38869

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum