IMPLEMENTASI KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU MATA PELAJARAN RUMPUN PAI DALAM MELAKSANAKAN PEMBELAJARAN (STUDI KASUS PADA GURU MAN 1 YOGYAKARTA)

MUHAMMAD FATHUL MUSLIM, NIP. 1520410027 (2018) IMPLEMENTASI KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU MATA PELAJARAN RUMPUN PAI DALAM MELAKSANAKAN PEMBELAJARAN (STUDI KASUS PADA GURU MAN 1 YOGYAKARTA). Masters thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (IMPLEMENTASI KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU MATA PELAJARAN RUMPUN PAI DALAM MELAKSANAKAN PEMBELAJARAN (STUDI KASUS PADA GURU MAN 1 YOGYAKARTA))
1520410027_BAB-I_V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (7MB) | Preview
[img] Text (IMPLEMENTASI KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU MATA PELAJARAN RUMPUN PAI DALAM MELAKSANAKAN PEMBELAJARAN (STUDI KASUS PADA GURU MAN 1 YOGYAKARTA))
1520410027_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (11MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh anggapan publik bahwa kinerja guru PAI itu kurang maksimal, khususnya dalam kompetensi pedagogik, seperti kemampuan guru dalam memahami karakter peserta didik, kemampuan guru dalam merencanakan pembelajaran, kemampuan guru dalam melaksanakan pembelajaran, dan kemampuan guru dalam mengevaluasi pembelajaran. Menurut hasil Penyelenggaraan Pemetaan Kompetensi Online terhadap guru mata pelajaran rumpun PAI oleh Kementerian Agama pada tahun 2018, menyatakan bahwa penguasaan guru dalam kompetensi pedagogik masih relatif rendah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi komponen-komponen dari kompetensi pedagogik guru mata pelajaran rumpun PAI di Madrasah Aliyah Negeri 1 Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian field research dengan pendekatan deskriptif kualitatif. Penelitian ini mengambil latar Madrasah Aliyah Negeri 1 Yogyakarta. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik wawancara mendalam, observasi, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan memberikan makna terhadap data yang telah dikumpulkan. Kemudian dari makna tersebut akan ditarik menjadi sebuah kesimpulan. Pemeriksaan keabsahan data dilakukan dengan mengadakan perpanjangan pengamatan, peningkatan ketekunan, triangulasi, dan diskusi dengan teman. Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) guru telah memahami karakteristik peserta didik dalam aspek fisik, moral, emosional, spiritual, dan intelektual dengan baik, (2) guru mampu melakukan perencanaan pembelajaran sesuai dengan ketentuan yang berlaku, (3) guru memiliki kemampuan untuk melaksanakan pembelajaran sesuai dengan rencana, 4) guru telah melaksanakan evaluasi pembelajaran dengan menerapkan kaidah-kaidah penilaian autentik.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Dr. Sigit Purnama, S.Pd.I, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Kompetensi Pedagogik, Guru Mata Pelajaran Rumpun PAI
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Pendidikan Islam > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Drs. Mochammad Tantowi, M.Si.
Date Deposited: 16 Apr 2020 10:21
Last Modified: 16 Apr 2020 10:21
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/38946

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum