POLA PENDIDIKAN AGAMA DALAM KELUARGA BAGI ANAK YANG BERSEKOLAH DI SEKOLAH NON ISLAM

KHAMIM, NIM. 1620411060 (2019) POLA PENDIDIKAN AGAMA DALAM KELUARGA BAGI ANAK YANG BERSEKOLAH DI SEKOLAH NON ISLAM. Masters thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (POLA PENDIDIKAN AGAMA DALAM KELUARGA BAGI ANAK YANG BERSEKOLAH DI SEKOLAH NON ISLAM)
1620411060_PRA BAB_BAB I_BAB V DAN DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (7MB) | Preview
[img] Text (POLA PENDIDIKAN AGAMA DALAM KELUARGA BAGI ANAK YANG BERSEKOLAH DI SEKOLAH NON ISLAM)
1620411060_BAB II_BAB III DAN BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (9MB)

Abstract

Amanat Peraturan Pemerintah Nomor 55 Tahun 2007 tentang Pendidikan Agama dan Keagamaan, bahwa setiap sekolah wajib menyelenggarakan pendidikan agama sesuai dengan agama yang dianut oleh peserta didik. Dalam realita di lapangan, sekolah-sekolah non Islam tidak menyelenggarakan pendidikan agama Islam, walaupun terdapat peserta didik yang muslim. Oleh karena itu peran keluarga sangat menjadi penting dalam mendidik dan memberi bekal keagamaan, sebagaimana tugas dan fungsi keluarga. Penelitian ini adalah penelitian lapangan, dengan metode penelitian kualitatif deskriptif. Objek penelitian adalah sekolah, kepala sekolah, dan guru agama SD BOPKRI Demangan III, orangtua peserta didik yang menyekolahkan putranya di sekolah non Islam serta peserta didik. Metode pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan cara mengumpulkan data, mereduksi data, menyajikan data, dan menarik kesimpulan. Untuk mengetahui keabsahan data dilakukan dengan cara wawancara mendalam, ketekunan pengamatan dan triangulasi data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sekolah non Islam tidak menyelenggarakan pendidikan agama Islam bagi peserta didik muslim, akan tetapi peserta didik mengikuti ritual kagamaan (kebaktian) dan perayaan agama yang diselenggarakan di sekolah. Peran keluarga dalam memberikan pendidikan kepada putra-putrinya cukup bervariataif. Ada beberapa pola yang diterapkan dalam pendidikan agama di keluarga, antara lain dengan nasihat, keteladanan, pembiasaan, dan hukuman. Pola pendidikan agama yang digunakan oleh keluarga adalah pola asuh demokratik, laises fire, dan neglectful (sembrono). Perbedaan pola pendidikan agama dalam keluarga dipengaruhi oleh beberapa faktor, diantaranya faktor pemahaman agama orangtua, faktor ekonomi, dan faktor tingkat pendidikan orangtua.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Dr. H. Tasman, MA
Uncontrolled Keywords: sekolah non Islam, pendidikan agama, pendidikan keluarga, pola pendidikan.
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Pendidikan Islam
Depositing User: Drs. Mochammad Tantowi, M.Si.
Date Deposited: 16 Apr 2020 12:32
Last Modified: 16 Apr 2020 12:32
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/38955

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum