PEMBELAJARAN KETERAMPILAN MEMBACA TEKS KITAB KUNING DI MADRASAH DINIYAH NURUL UMMAH KOTAGEDE YOGYAKARTA DALAM PRESPEKTIF TEORI BELAJAR HUMANISTIK

MOHAMAD ALWI, NIM. 17204010021 (2019) PEMBELAJARAN KETERAMPILAN MEMBACA TEKS KITAB KUNING DI MADRASAH DINIYAH NURUL UMMAH KOTAGEDE YOGYAKARTA DALAM PRESPEKTIF TEORI BELAJAR HUMANISTIK. Masters thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (PEMBELAJARAN KETERAMPILAN MEMBACA TEKS KITAB KUNING DI MADRASAH DINIYAH NURUL UMMAH KOTAGEDE YOGYAKARTA DALAM PRESPEKTIF TEORI BELAJAR HUMANISTIK)
17204010021_BAB-I_V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (8MB) | Preview
[img] Text (PEMBELAJARAN KETERAMPILAN MEMBACA TEKS KITAB KUNING DI MADRASAH DINIYAH NURUL UMMAH KOTAGEDE YOGYAKARTA DALAM PRESPEKTIF TEORI BELAJAR HUMANISTIK)
17204010021_BAB-II_sampai_BAB-IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (19MB)

Abstract

Latar belakang penelitian ini , bahwa dalam proses pembelajaran kitab kuning di pesantren kebanyakan berpusat kepada seorang ustadz. Mulai dari segi memahami makna maupun penjelasannya. Akan tetapi dalam pembelajaran di madrasah diniyah nurul ummah santri diberi sebuah kebebasan untuk memahaminya sendiri kemudian seorang ustadz menjadi seorang pembimbing dalam proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap proses kebebasan mengaktualisasikan diri santri dalam pembelajaran kitab kuning di madrasah diniyah nurul ummah kotagede Yogyakarta. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif. Metode ini digunakan untuk menganalisis dan menginterpretasikan data yang berupa fakta-fakta dari hasil penelitian. Untuk mendapatkan data penelitian digunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini menunjukan, bahwa (1) Desain pembelajaran di madrasah diniyah nurul ummah sudah baik, hal ini karena dari segi materi pembelajaran berjenjang dari setiap tingkatannya yang berdasarkan pada kemampuan masing-masing tingkatan dan dari segi model pengajaranpun berbeda dari setiap tingkatannya (2) Metode penerapan pembelajaran kitab kuning di Madrasah diniyah Nurul Ummah sudah baik dengan teori belajar humanistik seperti adanya penggunaan metode sorogan, metode mudzakarah, metode halaqoh, metode musyawarah dan metode seminar yang telah memberikan ruang kebebasan dalam mengaktualisasikan diri dari segi pemahaman dan pembacaan teks kitab kuning(3) Tingkat kemampuan membaca teks arab santri di madrasah diniyah nurul ummah dengan teori belajar humanistik sudah mampu meningkatkan aspek kemahiran membaca karena dari kedua model pembelajaran yang digunakan tingkatan kelas yang menggunakan teori belajar humanistik memperoleh penilaian tertinggi dibandingkan dengan kelas-kelas yang menggunakan model pembelajaran teacher centered.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Dr. Muhajir, M.Si
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran, humanistik, kitab kuning
Subjects: Pendidikan Bahasa Arab
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Interdisciplinary Islamic Studies > Ilmu Bahasa Arab
Depositing User: Drs. Mochammad Tantowi, M.Si.
Date Deposited: 16 Apr 2020 13:10
Last Modified: 16 Apr 2020 13:10
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/38964

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum