INTERPRETASI KATA RIBA MENURUT M. DAWAM RAHARDJO: STUDI TAFSIR ENSIKLOPEDIA ALQUR’AN TAFSIR SOSIAL BERDASARKAN KONSEPKONSEP KATA KUNCI SKRIPSI

HADI SUHADA, NIM. 13530033 (2020) INTERPRETASI KATA RIBA MENURUT M. DAWAM RAHARDJO: STUDI TAFSIR ENSIKLOPEDIA ALQUR’AN TAFSIR SOSIAL BERDASARKAN KONSEPKONSEP KATA KUNCI SKRIPSI. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (INTERPRETASI KATA RIBA MENURUT M. DAWAM RAHARDJO: STUDI TAFSIR ENSIKLOPEDIA ALQUR’AN TAFSIR SOSIAL BERDASARKAN KONSEPKONSEP KATA KUNCI SKRIPSI)
13530033_BAB-I_BAB-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (INTERPRETASI KATA RIBA MENURUT M. DAWAM RAHARDJO: STUDI TAFSIR ENSIKLOPEDIA ALQUR’AN TAFSIR SOSIAL BERDASARKAN KONSEPKONSEP KATA KUNCI SKRIPSI)
13530033_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (915kB)

Abstract

Al-Qur’an cukup berhasil menarik hati tidak saja dari sarjana keislaman tapi juga para insinyur, sosiolog, politisi, dokter dan sebagainya. Salah satunya adalah M. Dawam Rahardjo tokoh ekonom. Beliau mempunyai karya yaitu Ensiklopedi Al-Qur’an: Tafsir Sosial Berdasarkan Konsep-konsep Kata Kunci yang menarik untuk dikaji. Menarik dikaji karena literatur ini ditulis oleh seorang tokoh ekonomi, yang sangat mencintai bidang tafsir. Dan tafsir ini menarik karena dari segi cara pembahasan dan isinya yang hanya membahas dimensi sosial dan konsep kunci. Penelitian ini difokuskan mengkaji kata riba, riba sangat menarik untuk diteliti karena dalam prakteknya riba sulit untuk diberantas. Semua ulama sepakat bahwa riba itu haram, namun dalam prakteknya riba sulit untuk diberantas. Yang menarik dari pendapat M. Dawam Rahardjo yaitu M. Dawam Rahardjo menafsirkan riba berdasarkan dimensi sosial yang didukung oleh ayat Al-Qur’an dan berdasarkan konteks keindonesiaan. M. Dawam Rahardjo berpendapat riba adalah haram, dan menghubungkan riba dengan amal dan sedekah. Seperti beliau berpendapat dalam tingkat perkembangan masyarakat yang sederhana, meminjamkan sesuatu kepada mereka yang membutuhkan akan dinilai sebagai amal kebajikan, malahan amal ini lebih ringan daripada memberikan sedekah. M. Dawam Rahardjo berpendapat membungakan uang kepada saudara dan teman akrab, atau dalam masyarakat kecil yang tertutup, akan dipandang tidak etis. Dalam menafsirkan riba ada cara tersendiri M. Dawam Rahardjo berusaha mencari titik temu atau solusi di dalam Al-Qur’an melalui surah al-Baqarah ayat 275-276. Disinilah Al-Qur’an memberikan alternatif. Alternatif pertama adalah perdagangan dan alternatif lainnya tercantum dalam ayat 276 berikutnya. “Allah memusnahkan (manfaat) riba dan menyuburkan sedekah. Dan Allah tidak menyukai setiap orang yang tetap dalam ke-kafir-an (terus membangkang) dan selalu berbuat dosa.” Sebagaimana ayat yang dikutip M. Dawam Rahardjo dalam bukunya yang berjudul “Ensiklopedia Tafsir Al- Qur’an; Tafsir Sosial Berdasarkan Konsep-Konsep Kata Kunci”. Yaitu surah al-Baqarah ayat 275-276. Penelitian ini termasuk jenis penelitian literatur yang merupakan penelitian pustaka yang berfokus kepada pemikiran M. Dawam Rahardjo yang membahas tentang riba sebagai berikut: pertama: Bagaimana penafsiran Dawam Rahardjo terhadap riba dalam Ensiklopedi Al-Qur’an berdasarkan konsep kata-kata kunci?. kedua: Bagaimana relevansi penafsiran M. Dawam Rahardjo dengan kondisi Indonesia sekarang?.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. Afdawaiza S.ag., M.Ag,
Uncontrolled Keywords: Ensiklopedia Al-Qur’an: Tafsir Sosial Berdasarkan Konsep-Konsep Kunci
Subjects: Ilmu Alqur’an dan Tafsir
Divisions: Fakultas Ushuludin dan Pemikiran Islam > Ilmu Alqur’an dan Tafsir (S1)
Depositing User: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 21 Apr 2020 09:05
Last Modified: 21 Apr 2020 09:05
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/38992

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum