INOVASI BAHAN AJAR NAHWU UNTUK PEMULA MELALUI KITAB SYARAH TALFĪFUL AKWĀN SEBAGAI PENGUATAN QAWĀ‘ID DAN TARJAMAH DI KELAS X MA WAHID HASYIM CONDONGCATUR DEPOK SLEMAN YOGYAKARTA

Adam Azmi Syahroni, NIM.17204010054 (2019) INOVASI BAHAN AJAR NAHWU UNTUK PEMULA MELALUI KITAB SYARAH TALFĪFUL AKWĀN SEBAGAI PENGUATAN QAWĀ‘ID DAN TARJAMAH DI KELAS X MA WAHID HASYIM CONDONGCATUR DEPOK SLEMAN YOGYAKARTA. Masters thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (INOVASI BAHAN AJAR NAHWU UNTUK PEMULA MELALUI KITAB SYARAH TALFĪFUL AKWĀN SEBAGAI PENGUATAN QAWĀ‘ID DAN TARJAMAH DI KELAS X MA WAHID HASYIM CONDONGCATUR DEPOK SLEMAN YOGYAKARTA)
17204010054_BAB I_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (6MB) | Preview
[img] Text (INOVASI BAHAN AJAR NAHWU UNTUK PEMULA MELALUI KITAB SYARAH TALFĪFUL AKWĀN SEBAGAI PENGUATAN QAWĀ‘ID DAN TARJAMAH DI KELAS X MA WAHID HASYIM CONDONGCATUR DEPOK SLEMAN YOGYAKARTA)
17204010054_BAB II_BAB III_BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penggunaan kitab Syarah Talfīful Akwān sebagai inovasi bahan ajar untuk pemula dalam penguatan Qawā„id dan Tarjamah di kelas X MA Wahid Hasyim Gaten Condongcatur Depok Sleman Yogyakarta yang meliputi : proses pembelajaran Nahwu dengan menggunakan kitab Syarah Talfīful Akwān, pembelajaran Nahwu dengan menggunakan kitab tersebut. Hasil penelitian ini diharapkan dapat menjadi Karya Tulis Ilmiah yang mampu memperkaya wawasan tentang pembelajaran bahasa Arab khususnya wawasan bagi guru untuk memilih metode yang tepat dan terutama menyesuaikan dengan kemampuan siswa dalam belajar bahasa Arab. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) dengan mengambil lokasi di MA Wahid Hasyim Gaten Condongcatur Depok Sleman Yogyakarta. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan beberapa metode, diantaranya adalah observasi, wawancara, dokumentasi, dan angket. Teknik analisis data yang dilakukan dengan menggunakan teknik analisis data yang dikemukakan oleh Miles dan Huberman yaitu pengambilan data, data reduction (reduksi data), data display (penyajian data) dan menarik kesimpulan atau verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan: bahwa pelaksanaan pembelajaran bahasa Arab dengan menggunakan kitab Syarah Talfīful Akwān diterapkan pada siswa kelas X MA Wahid Hasyim Gaten Condongcatur Depok Sleman Yogyakarta, Metode pembelajarannya terlebih dahulu dengan membaca naẓam yang sudah mereka hafal, kemudian penjelasan qawā„id, latihan membuat kalimat sesuai dengan Qawā„id naẓam yang telah diberikan, dan latihan membaca teks berbahasa Arab. Dari penelitian yang dilakukan penulis, pembelajaran bahasa Arab dengan menggunakan kitab Syarah Talfīful Akwān di kelas X MA Wahid Hasyim Gaten Condongcatur Depok Sleman Yogyakarta dapat dilihat dari beberapa hal, yaitu : Berdasarkan hasil angket yang telah penulis bagikan dapat dilihat bahwa jawaban dari mayoritas responden terhadap pertanyaan-pertanyaan penulis yang berkaitan dengan inovasi bahan ajar dalam pembelajaran nahwu dengan menggunakan kitab tersebut menunjukkan skor yang tinggi : yaitu responden merasa penggunaan kitab Syarah Talfīful Akwān sudah efektif. Berdasarkan rata-rata nilai ujian semester ganjil menunjukkan skor yang tinggi, yaitu 83,78 hal ini dapat dikategorikan baik sekali. Dengan melihat hasil penelitian tersebut menunjukkan bahwa pembelajaran bahasa Arab dengan menggunakan kitab Syarah Talfīful Akwān di kelas X MA Wahid Hasyim Gaten Condongcatur Depok Sleman Yogyakarta telah berjalan efektif dan dapat diterapkan untuk meningkatkan hasil belajar bahasa Arab.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Dr. H. Zainal Arifin, A, M.Ag
Uncontrolled Keywords: Syarah Talfīful Akwān, Penguatan Qawā‘id dan Tarjamah
Subjects: Pendidikan Bahasa Arab
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Pendidikan Islam
Depositing User: Drs. Mochammad Tantowi, M.Si.
Date Deposited: 22 Apr 2020 11:29
Last Modified: 22 Apr 2020 11:29
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/39017

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum