DEMOTIVASI DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB SISWA KELAS X SMA MUHAMMADIYAH 7 YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2018/2019

Tika Nur Diana, NIM. 17204010106 (2019) DEMOTIVASI DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB SISWA KELAS X SMA MUHAMMADIYAH 7 YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2018/2019. Masters thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (DEMOTIVASI DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB SISWA KELAS X SMA MUHAMMADIYAH 7 YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2018/2019)
17204010106_BAB-I_IV-ATAU-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (5MB) | Preview
[img] Text (DEMOTIVASI DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB SISWA KELAS X SMA MUHAMMADIYAH 7 YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2018/2019)
17204010106_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah dari kemampuan siswa di kelas X SMA Muhammadiyah 7 Yogyakarta rata-rata masih rendah dalam mempelajari bahasa Arab, mereka beranggapan bahwa mata pelajaran bahasa Arab adalah suatu mata pelajaran yang paling sulit untuk mereka pahami, dari faktor latar belakang mereka yang mungkin belum mempelajari bahasa Arab sebelumnya. Hal tersebut yang menyebabkan demotivasi sering sekali terjadi dan menjadi bagian masalah yang serius dalam pembelajaran bahasa Arab. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi demotivasi dan menemukan upaya preventif untuk mengatasi demotivasi dalam pembelajaran bahasa Arab. Metode penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif. Adapun obyek dalam penelitian ini, diantaranya yaitu demotivasi dalam pembelajaran bahasa Arab, sedangkan subyek dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas X SMA Muhammadiyah 7 Yogyakarta. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini terdapat faktor demotivasi dalam pembelajaran bahasa Arab yang terbagi menjadi dua hal, yaitu faktor eksternal dan faktor internal. Faktor eksternal diantaranya adalah dari guru, teman, orang tua, lingkungan belajar, dan fasilitas belajar. Adapun faktor internal diantaranya adalah dari minat, kebutuhan, tujuan, harapan, dan keaktifan belajar. Adapun upaya preventif sebagai cara untuk mengatasi demotivasi dalam pembelajaran bahasa Arab diantaranya yaitu rileks, pembelajaran yang menarik, keterlibatan peserta didik, lingkungan belajar yang nyaman, memberikan motivasi dan berniat nyata dalam belajar.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Dr. R. Umi Baroroh, M.Ag
Uncontrolled Keywords: Demotivasi, Pembelajaran, Bahasa Arab.
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Pendidikan Islam > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Drs. Mochammad Tantowi, M.Si.
Date Deposited: 23 Apr 2020 10:33
Last Modified: 23 Apr 2020 10:33
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/39031

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum