PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS POP UP BOOK PADA MATERI HAJI UNTUK SISWA KELAS V MI YAUMI GROBOGAN

Mahmudah, NIM. 17204010138 (2019) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS POP UP BOOK PADA MATERI HAJI UNTUK SISWA KELAS V MI YAUMI GROBOGAN. Masters thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS POP UP BOOK PADA MATERI HAJI UNTUK SISWA KELAS V MI YAUMI GROBOGAN)
17204010138_BAB-1_V_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS POP UP BOOK PADA MATERI HAJI UNTUK SISWA KELAS V MI YAUMI GROBOGAN)
17204010138_BAB-II_sampai_SEBELUM -BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (8MB)

Abstract

Media pembelajaran haji saat ini sudah berkembang pesat, seperti media berbasis android, audio visual di youtube, bermacam-macam buku manasik haji, dan lain-lain. Akan tetapi, media tersebut masih belum bisa diterapkan di MI Yaumi dan sekitarnya, dikarenakan minimnya fasilitas dan belum sesuai dengan kebutuhan siswa dan guru. Maka dari itu, penting kiranya untuk dilakukan sebuah pengembangan media pembelajaran materi haji yang sesuai dengan kebutuhan siswa dan guru, yaitu media pembelajaran yang efektif, praktis, dan menarik, seperti sebuah pop up book. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana hasil pengembangan media pembelajaran berbasis pop up book pada materi haji untuk siswa kelas V MI dengan model pengembangan ADDIE. Adapun desain penelitian ini menggunakan desain Research and Development (R&D). Data diperoleh melalui wawancara, observasi, dan angket. Subjek penelitian ini adalah siswa dan guru kelas V MI Yaumi, serta para validator yang sesuai dengan bidangnya. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa media pembelajaran pop up book telah berhasil dikembangkan dengan materi haji untuk siswa kelas V MI Yaumi. Prototipe media pop up book teridiri atas 9 slide atau 18 halaman. 4 slide pertama berisi pembukaan dan materi dasar mengenai ibadah haji, sedangkan 4 slide selanjutnya berisi kegiatan ibadah haji seperti ihram, wukuf, mabit, thawaf & sa‟i, dan slide terakhir berisi latihan soal, daftar pustaka dan tentang penulis. Adapun hasil validasi dari berbagai aspek penilaian telah menunjukkan nilai sangat baik/layak. Hasil uji coba menyatakan hasil pemahaman siswa yang meningkat, dengan rincian nilai pre test yang menunjukkan nilai rata-rata 47 dan pos test memiliki nilai rata-rata 78. Hasil signifikansi sebesar 0.000 yang artinya jika nilai signifikan menunjukkan < 0,05, maka dapat disimpulkan bahwa penggunaan media pembelajaran pop up book ini efektif untuk meningkatkan pemahaman materi haji siswa kelas V MI Yaumi.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Dr. Abdul Munip, M. Ag
Uncontrolled Keywords: Pop Up Book, Media Pembelajaran, Materi Haji Kelas V MI.
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Pendidikan Islam > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Drs. Mochammad Tantowi, M.Si.
Date Deposited: 24 Apr 2020 12:33
Last Modified: 24 Apr 2020 12:33
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/39061

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum