PENGARUH BUDAYA PATRIARKI TERHADAP PEREMPUAN (Analisis Gender Terhadap Pekerjaan Tukang Parkir Perempuan di Jl. Gejayan Yogyakarta

HERU PRIYONO, NIM : 15540074JU (2020) PENGARUH BUDAYA PATRIARKI TERHADAP PEREMPUAN (Analisis Gender Terhadap Pekerjaan Tukang Parkir Perempuan di Jl. Gejayan Yogyakarta. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGARUH BUDAYA PATRIARKI TERHADAP PEREMPUAN (Analisis Gender Terhadap Pekerjaan Tukang Parkir Perempuan di Jl. Gejayan Yogyakarta)
15540074 BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img] Text (PENGARUH BUDAYA PATRIARKI TERHADAP PEREMPUAN (Analisis Gender Terhadap Pekerjaan Tukang Parkir Perempuan di Jl. Gejayan Yogyakarta)
15540074 BAB II, III, IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (570kB)

Abstract

Ruang kerja parkir pada umumnya didominasi oleh laki-laki dan nilai-nilai atau norma yang berlaku di dalam pekerjaan parkir merupakan norma yang maskulin. Pada umumnya pekerjaan tukang parkir mayoritas dikerjakan oleh laki-laki, nilai-nilai yang berkembang di ruang kerja parkir adalah nilai-nilai maskulin yang dikonstruksi oleh laki-laki untuk laki-laki dan bagi laki-laki. Namun demikain hadirnya perempuan di ruang publik dalam hal ini yaitu tukang parkir merupakan suatu hal yang baru, perempuan tersebut hadir dalam ruang lingkup patriarki, yang secara umum perempuan akan didomisasi oleh laki-laki. Hal ini merupakan suatu hal yang unik dan menarik karena perempuan berada dalam ruang lingkup maskulin dan juga mengerjakan pekerjaan laki-laki. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif. Teori yang digunakan adalah ketidakadilan gender oleh Mansour Fakih yang pada teorinya mengemukakan dalam ketidakadilan tersebut termanifestasi dalam beberapa bentuk yakni, marginalisasi, subordinasi, stereotipe, kekerasan dan yang terakhir beban ganda. Teknik pengumpulan data dari penelitian ini meliputi wawancara, observasi dan dokumentasi serta dalam penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan jumlah responden sebanyak tujuh narasumber. Sumber data penelitian terdiri dari sumber data primer yaitu dari wawancara dan observasi serta sumber data sekunder berasal dari dokumentasi dan rujukan-rujukan yang berkaitan dengan penelitian. Pengaruh budaya patriarki memunculkan ketidakadilan, ketidakadilan tersebut meliputi, dalam pembagian lahan parkir perempuan selalu mendapatkan tempat parkir yang kurang strategis dikarenakan di ruang lingkup tersebut lebih memprioritaskan laki-laki daripada perempuan, selain itu dalam kepengurusan perempuan hanya dijadikan peran pembantu dan hanya sebagai anggota, bukan dijadikan peran utama. Namun demikian di ruang tersebut juga terdapat sebuah keadilan yaitu dalam pembagian upah dan pembagian shift kerja, laki-laki dan perempuan mendapatkan porsi yang sama artinya tidak ada pembeda antara laki-laki dan perempuan. Keterlibatan perempuan dalam ruang parkir sebagai pekerja parkir ternyata juga berdampak pada munculnya beban ganda di dalam rumah tangga karena perempuan tersebut selain memiliki tanggungjawab dalam pekerjaan nya perempuan tersebut juga memiliki tanggung jawab dalam sebuah pekerjaan rumah tangga, karena sejatinya perempuan tersebut adalah seorang ibu rumah tangga.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. Rr. Siti Kurnia Widiastuti, S. Ag. M.Pd. M.A.
Uncontrolled Keywords: Perempuan, Gender, Patriarki
Subjects: Sosiologi Agama
Divisions: Fakultas Ushuludin dan Pemikiran Islam > Sosiologi Agama (S1)
Depositing User: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 28 Apr 2020 09:19
Last Modified: 28 Apr 2020 09:19
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/39116

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum