PENGEMBANGAN TOLERANSI PESERTA DIDIK MELALUI IMPLEMENTASI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM BERBASIS AFEKSI DI SMP N 9 YOGYAKARTA

Falasipatul Asifa, NIM: 1620411027 (2018) PENGEMBANGAN TOLERANSI PESERTA DIDIK MELALUI IMPLEMENTASI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM BERBASIS AFEKSI DI SMP N 9 YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGEMBANGAN TOLERANSI PESERTA DIDIK MELALUI IMPLEMENTASI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM BERBASIS AFEKSI DI SMP N 9 YOGYAKARTA)
1620411027_BAB-I_V-DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (10MB) | Preview
[img] Text (PENGEMBANGAN TOLERANSI PESERTA DIDIK MELALUI IMPLEMENTASI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM BERBASIS AFEKSI DI SMP N 9 YOGYAKARTA)
1620411027_BAB-II_IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (6MB)

Abstract

Latar belakang masalah dari penelitian ini adalah adanyarealitas titik temu perbedaan yang seringkali menjadi konflik.Yogyakarta yang disebut sebagai City of Tolerance pada diskusi yang dihelat oleh CRCS mengungkapkan sedang dirundung banyak problema dalam hal toleransi. Dalam beberapa kasus juga dapat dijumpai maraknya perkelahian pelajar, kenakalan, kriminalitas. Banyak pula pertarungan hanya karena solidaritas semu. Melihat fenomena tersebut, Pendidikan Agama Islam berbasis afeksi merupakan jawaban untuk tantangan mengenai krisis moral yang terjadi dan kegagalan pendidikan agama yang dianggap hanya memperhatikan aspek kognitif semata.Oleh karena itu, lebih lanjut peneliti ingin mengetahui bagaimana pengembangan toleransi peserta didik melalui implementasi Pendidikan Agama Islam berbasis afeksi seerta bagaimana keberhasilannya terhadap toleransi peserta didik di sekolah tersebut. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif dengan latarSMP N 9 Yogyakarta.Metode pengumpulan data yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi.Pendekatan yang digunakan adalah Psikologi Pendidikan. PAI berbasis afeksi. Analisis data dengan menyeleksi dan menyusun data yang diperoleh, kemudian diolah dan dianalisis sehingga dapat ditarik kesimpulan. Pemeriksaan keabsahan data dilakukan dengan mengadakan triangulasi dengan dua modus, yaitu dengan menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa: Pertama,pengembangan toleransi peserta didik melalui implementasi PAI berbasis afeksi dengan membangun beberapa aspek perasaan moral yaitu hati nurani dengan berpegang pada pedoman toleransi, penghargaan diri melalui kegiatan tadarus dan pekerja sosial, empati dengan kegiatan baksos dan menjenguk teman yang sakit, mencintai kebaikan dengan memutar video manfaat kebaikan, kontrol diri dengan membahas isu-isu yang menyimpang dan menghindari radikalisme, dan kerendahan hati melalui budaya 3S, menghargai pendapat dan Halal Bi Halal. Juga melalui keteladan guru yaitu sopan santun, memberikan kesempatan beribadah, dan hidup berdampingan dalam perbedaan. Yang terakhir melakukan evaluasi melalui observasi dan memberikan bimbingan bagi peserta didik yang dinyatakan belum memiliki toleransi yang baik.Kedua,keberhasilan pengembangan toleransi peserta didik melalui implementasi PAI berbasis afeksi dalam bentuk verbal yaitu menghargai pendapat dan keyakinan orang lain, dan menghargai lingkungan alam cultural. Dalam bentuk sikap yaitu sadar makna hidup berdampingan dan kesetaraan dalam partisipasi. Dalam bentuk perilaku yaitu memberikan kesempatan beribadah teman yang berbeda agama dan mengakui hak orang lain.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Prof. Dr. H. Maragustam, M. A.
Uncontrolled Keywords: Toleransi, PAI berbasis afeksi
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Pendidikan Islam > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 30 Apr 2020 11:44
Last Modified: 30 Apr 2020 11:44
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/39169

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum