SISTEM KRIPTOGRAFISIMETRISMINI-AESATAS LAPANGANHINGGAGF(24)

SITI SOBARIAHNOERHASANAH, NIM. 14610010 (2020) SISTEM KRIPTOGRAFISIMETRISMINI-AESATAS LAPANGANHINGGAGF(24). Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (SISTEM KRIPTOGRAFISIMETRISMINI-AESATAS LAPANGANHINGGAGF(24))
14610010_BAB I_BAB_TERAKHIR_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (SISTEM KRIPTOGRAFISIMETRISMINI-AESATAS LAPANGANHINGGAGF(24))
14610010_BAB II_S.D._SEBELUM_BAB_TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (7MB)

Abstract

Advanced Encryption Standard (AES) merupakan sistem kriptografi simetris yang saat ini digunakan sebagai standar enkripsi di dunia,khususnya di internet. AES digunakan untuk menggantikan DES dan Triple DES yang sudah dianggap tidak aman untuk keamanan jaringan. AES memiliki panjang kunci128 bit, 192 bit dan 256 bit. AES memiliki varian yang lebih kecil yaitu Mini-AES yang memiliki ukuran kunci yang lebih kecil dari pada kunci yang digunakan di AES. Mini-AES merupakan suatu sistem kriptografi simetris jenis block-cipher dengan panjang kunci16 bit. Proses enkripsi menggunakan metode substitusi dan permutasi serta perulangan pada matriks 2x2 dengan setiap entrinya terdiri dari 4 bit. Setiap proses substitusi-permutasi digunakan kunci yang berbeda-beda. Kunci-kunci tersebut diperoleh melalui proses penjadwalan kunci yang diperoleh dari kunci awal. Algoritma yang digunakan Mini-AES untuk proses enkripsi yaitu NibbleSub, ShiftRow, MixColumn, AddRoundKey, dan algoritma untuk proses Dekripsi menggunakan invers dari masing-masing algoritma enkripsi Mini-AES. Seluruh prosesenkripsidandekripsimengguankanstrukturaljabarberupa lapanganhingga Z2[x] modulo polinomial m(x) = x4 + x + 1.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: MuhamadZakiRiyanto,S.Si.,M.Sc
Uncontrolled Keywords: ringpolinomial,lapanganhingga,kriptografi,block-cipher,AES, Min-AES, nibblesub,shiftrow,mixcolumn,addroundkey
Subjects: Matematika
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Matematika (S1)
Depositing User: Drs. Mochammad Tantowi, M.Si.
Date Deposited: 08 May 2020 12:20
Last Modified: 08 May 2020 12:20
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/39231

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum