ANALISIS PEMBELAJARAN KONSTRUKTIVISME MELALUI PROSES PEMBUATAN BIODISEL DAN POTENSINYA

Ahmad Albar Fuad, NIM. 16670018 (2020) ANALISIS PEMBELAJARAN KONSTRUKTIVISME MELALUI PROSES PEMBUATAN BIODISEL DAN POTENSINYA. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (ANALISIS PEMBELAJARAN KONSTRUKTIVISME MELALUI PROSES PEMBUATAN BIODISEL DAN POTENSINYA)
16670018_BAB-I_V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (ANALISIS PEMBELAJARAN KONSTRUKTIVISME MELALUI PROSES PEMBUATAN BIODISEL DAN POTENSINYA)
16670018_BAB-II_sampai_BAB-SEBELUM-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (6MB)

Abstract

Konsep pemberdayaan lingkungan sebagai sumber belajar sejalan dengan pendekatan Pendidikan untuk Perkembangan Berkelanjutan. Kurikulum 2013 menuntut pendidik untuk dapat menerapkan pembelajaran kimia yang bersifat kontekstual dalam konstruksi pengetahuan. Biodisel merupakan energi yang dapat diperbaharui sebagai alternatif pengganti bahan bakar energi minyak bumi yang semakin menipis. Dalam proses pembuatan biodisel erat kaitannya dengan materi ilmu kimia. Maka, untuk memenuhi hal tersebut penelitian yang dilakukan bertujuan untuk melakukan analisiss proses elektrosintesis biodisel dengan menggunakan prekursor katalis basa garam NaCl, analisis kurikulum dan distribusi materi pembelajaran kimia sekolah, analisis kesesuaian proses elektrosintesis biodisel menggunakan prekursor katalis garam NaCl serta kesesuaiannya dengan konsep konsstruktivisme. Kajian analisis proses elektrosintesis biodisel menggunakan prekursor katalis basa garam NaCl dilakukan dengan metode observasi dan percoban laboratorium, serta teknik analisa data yang digunakan adalah analisis deskriptif. Analisis kurikulum dan distribusi materi pembelajaran kimia sekolah dilakukan dengan metode studi literatur dengan teknik analisa data deskriptif kualitatif. Kajian analisis proses elektrosintesis biodisel menggunakan prekursor katalis garam NaCl serta kesesuaiannya dengan konsep konstruktivisme dilakukan dengan metode studi literatur dan teknik analisa data analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa proses elektrosintesis biodisel dapat dibuat dengan metode elektrosintesis dengan prekursor katalis garam NaCl serta dapat diuji secara organoleptis menggunakan uji visual dan kelarutan. Berdasarkan hasil analisis kurikulum 2013, distribusi materi pembelajaran kimia tersusun dengan runtut dan bersifat konstruksi. Proses elektrosintesis biodisel telah sesuai dengan prinsip konstruktivisme yang meliputi: orientasi, elicitation, rekostruksi ide, penggunaan ide dalam berbagai situasi, dan review.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Karmanto, M. Sc
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran Kimia Kontekstual,Pembelajaran Konstruktivisme, Elektrosintesis Biodisel
Subjects: Pendidikan Kimia
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Kimia (S1)
Depositing User: Drs. Mochammad Tantowi, M.Si.
Date Deposited: 08 May 2020 12:47
Last Modified: 08 May 2020 12:47
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/39234

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum