DAMPAK KAWIN PAKSA AKIBAT KUMPUL KEBO TERHADAP KETAHANAN KELUARGA (STUDI KASUS E DAN R DI DESA GEBANG UDIK KECAMATAN GEBANG KABUPATEN CIREBON)

Ahmad Syifa, NIM.: 18103050050 (2022) DAMPAK KAWIN PAKSA AKIBAT KUMPUL KEBO TERHADAP KETAHANAN KELUARGA (STUDI KASUS E DAN R DI DESA GEBANG UDIK KECAMATAN GEBANG KABUPATEN CIREBON). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (DAMPAK KAWIN PAKSA AKIBAT KUMPUL KEBO TERHADAP KETAHANAN KELUARGA (STUDI KASUS E DAN R DI DESA GEBANG UDIK KECAMATAN GEBANG KABUPATEN CIREBON))
18103050050_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (DAMPAK KAWIN PAKSA AKIBAT KUMPUL KEBO TERHADAP KETAHANAN KELUARGA (STUDI KASUS E DAN R DI DESA GEBANG UDIK KECAMATAN GEBANG KABUPATEN CIREBON))
18103050050_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Perkawinan merupakan ikatan lahir dan batin antara pria dan wanita sebagai suami istri dengan maksud menciptakan keluarga yang bahagia dan kekal berdasarkan Ketuhanan Yang Maha Esa. Perkawinan hendaknya dilaksanakan dengan memperhatikan rukun dan syarat perkawinan untuk menjamin sah atau tidaknya perkawinan serta hal tersebut juga berpengaruh pada kehidupan selanjutnya, perkawinan yang tanpa kerelaan calon mempelai disebut perkawinan paksa. Kumpul kebo sendiri merupakan istilah jawa yang menggambarkan perilaku penyimpangan sex tinggal satu atap dengan orang yang bukan mahrom. Di Desa Gebang Udik Kecamatan Gebang Kabupaten Cirebon dalam 5 tahun terakhir terdapat 2-3 kasus perkawinan paksa pada usia dini. Penelitian dilakukan Agustus 2022, termasuk jenis penelitian lapangan dengan sifat penelitian deskriptif analitif. Penelitian ini menggunakan pendekatan antropologi. Pengambilan data pada penelitian ini menggunakan pengamatan di Desa Gebang Udik Kecamatan Gebang Kabupaten Cirebon, wawancara terhadap objek penelitian, melakukan verifikasi kepada pemerintah desa dan dokumentasi sebagai bukti keaslian penelitian. Hasil penelitian praktik kawin paksa biasanya dilakukan sebagai hukuman atas tindakan kumpul kebo, kawin paksa ini dilaksanakan tanpa kerelaan kedua mempelai. Dampak dari kawin paksa terhadap ketahanan keluarga, terutama dilakukan kepada usia dini menimbulkan kemiskinan karena keduanya belum siap secara finansial yang kemudian memicu adanya tindak kekerasan dalam rumah tangga pada istri dan anak, sehingga menimbulkan depresi dan berakhir perceraian.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Hj. Fatma Amilia, S.Ag., M.Si.
Uncontrolled Keywords: perkawinan; kawin paksa; kumpul kebo; kawin paksa; ketahanan keluarga
Subjects: Hukum Keluarga > Keluarga Islam
Keluarga Sejahtera
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Islam (S-1) > Hukum Keluarga
Depositing User: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 12 May 2020 10:14
Last Modified: 07 Mar 2023 10:14
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/39274

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum