MANAJEMEN KURIKULUM DALAM UPAYA MENINGKATKAN RELIGIOUS CULTURE DAN PRESTASI SANTRI DI TPA ANWAR RASYID BACIRO GONDOKUSUMAN KOTA YOGYAKARTA

SUCI FAROHIBA KUSUMAWATI, Nim: 16490001 (2020) MANAJEMEN KURIKULUM DALAM UPAYA MENINGKATKAN RELIGIOUS CULTURE DAN PRESTASI SANTRI DI TPA ANWAR RASYID BACIRO GONDOKUSUMAN KOTA YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (MANAJEMEN KURIKULUM DALAM UPAYA MENINGKATKAN RELIGIOUS CULTURE DAN PRESTASI SANTRI DI TPA ANWAR RASYID BACIRO GONDOKUSUMAN KOTA YOGYAKARTA)
16490001_BAB I_BAB IV_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (MANAJEMEN KURIKULUM DALAM UPAYA MENINGKATKAN RELIGIOUS CULTURE DAN PRESTASI SANTRI DI TPA ANWAR RASYID BACIRO GONDOKUSUMAN KOTA YOGYAKARTA)
16490001_BAB II - BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (716kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan manajemen kurikulum dalam meningkatkan religious culture dan prestasi santri. Latar belakang penelitian ini ialah peneliti melihat kebanyakan Taman Pendidikan Al-Qur’an memiliki kurikulum tetapi tidak diterapkan dengan baik, sehingga peneliti membahas bagaimana manajemen kurikulum yang ada di Taman Pendidikan Al-Qur’an. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang dilaksanakan di TKA-TPA-TQA Anwar Rasyid Yogyakarta. Subjek dari penelitian ini adalah Direktur TKA-TPA-TQA, staf Tata Usaha, wali kelas TKA, wali kelas TPA, wali kelas TQA dan santri. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisa dilakukan dengan transcript, coding, grouping serta comparing dan contrasting. Uji keabsahan data menggunakan triangulasi sumber, triangulasi cara dan triangulasi waktu. Hasil penelitian menunjukkan Pertama, Manajemen kurikulum TKA-TPA-TQA Anwar Rasyid Yogyakarta berupa: perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, evaluasi dan tindak lanjut. Kedua, Upaya meningkatkan religious culture melalui: dimensi keyakinan melalui doktrin, dimensi praktik agama melalui buku monitorig, dimensi pengalaman melalui kegiatan di luar KBM, dimensi pengetahuan melalui kurikulum dan dimensi penghayatan dari santri itu sendiri. Upaya yang dilakukan dalam meningkatkan prestasi santri melalui sistem internal yaitu dari Ustadz/ah. Ketiga, faktor pendukung religious culture dan prestasi santri ialah dari wali santri dan warga sekitar, sedangkan faktor penghambat dari santri itu sendiri. xii Keempat, hasil dari manajemen kurikulum terdapat peningkatan religious culture santri dapat dilihat melalui: Pertama keyakinan, santri semakin yakin terhadap keenam rukun iman. Kedua praktik ibadah, santri tidak hanya melakukan ibadah wajib, sunnah pun sudah dilaksanakan. Ketiga pengalaman, jiwa tolong menolong, kerjasama dan saling menghorati semakin terlihat baik di TPA maupun lingkungan sekitar. Keempat pengetahuan, pengetahuan santri meningkat dari Fiqih, bahasa Arab, SKI dan sebagainya. Kelima pengamalan, santri khusyuk melaksanakan sholat tanpa diatur oleh Ustadz/ah. Sedangkan hasil dari prestasi santri setiap tahunnya meningkat dilihat dari prestasi akademik dan kemampuan membaca Iqro’ santri 47% dan kemampuan membaca Al-Qur’an 53%

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Drs. H. Mangun Budiyanto, M.S.I,
Uncontrolled Keywords: Manajemen kurikulum, Religious Culture, Prestasi
Subjects: Manajemen dan Kebijakan Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam (S1)
Depositing User: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 15 May 2020 11:50
Last Modified: 15 May 2020 11:50
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/39338

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum