PERLINDUNGAN HAK SUARA WARGA NEGARA DPTb DALAM PEMILIHAN UMUM TAHUN 2019 DI DESA TAMANTIRTO KECAMATAN KASIHAN KABUPATEN BANTUL

ALIFYAN SEIKH ADDINATA, NIM. 16340074 (2020) PERLINDUNGAN HAK SUARA WARGA NEGARA DPTb DALAM PEMILIHAN UMUM TAHUN 2019 DI DESA TAMANTIRTO KECAMATAN KASIHAN KABUPATEN BANTUL. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PERLINDUNGAN HAK SUARA WARGA NEGARA DPTb DALAM PEMILIHAN UMUM TAHUN 2019 DI DESA TAMANTIRTO KECAMATAN KASIHAN KABUPATEN BANTUL)
16340074_BAB I_BAB_TERAKHIR_DAFTAR_PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (PERLINDUNGAN HAK SUARA WARGA NEGARA DPTb DALAM PEMILIHAN UMUM TAHUN 2019 DI DESA TAMANTIRTO KECAMATAN KASIHAN KABUPATEN BANTUL)
16340074_BAB II_S.D._SEBELUM_BAB_TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Penyelenggaraan pemilihan umum merupakan aspek penting dalam mewujudkan kedaulatan rakyat untuk dapat berpartisipasi dalam proses politik, selain itu sebagai sarana untuk pergantian pemimpin. Pemilu merupakan salah satu hak asasi warga negara yang sangat prinsipil, yang menjadi keharusan pemerintah untuk melaksanakannya, oleh karena itu menjadi suatu syarat yang mutlak bagi negara demokrasi untuk melaksanakan kedaulatan rakyat salah satunya yaitu dengan diberikannya hak suara bagi setiap warga negara yang tidak dapat dikurangi keberadaannya. Namun demikian, dalam pelaksanaan pemilihan umum tahun 2019 masih terjadi pelanggaran terhadap hak suara warga negara khususnya bagi pemilih tambahan (DPTb) yang sudah memenuhi syarat untuk memilih tetapi tidak dapat menggunakan hak pilihnya pada saat pemilihan umum. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) dengan pendekatan yuridis empiris. Sedangkan metode analisis yang digunakan adalah metode deskriptf analitis. Metode pengumpulan data menggunakan metode wawancara serta dokumentasi. Adapun lokasi penelitian yakni di Desa Tamantirto Kecamatan Kasihan Kabupaten Bantul Yogyakarta. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dalam pelaksanaan pemilihan umum serentak tahun 2019 terjadi pelanggaran terhadap pemenuhan hak suara bagi warga negara di Desa Tamantirto, Kecamatan Kasihan, Kabupaten Bantul dikarenakan kekurangan surat suara sehingga KPU Kabupaten Bantul mengeluarkan diskresi untuk mengatasi permasalahan yang tersebut. Namun diskresi yang dikeluarkan KPU Kabupaten Bantul belum terlaksana secara maksimal yang disebabkan oleh beberapa kendala yaitu terkendala waktu, keterbatasan Sumber Daya Manusia, dan keterbatasan penyebaran informasi kepada pihak terkait.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. Hj. SITI FATIMAH S.H, M.Hum
Uncontrolled Keywords: Hak Suara, Pemilu, Hak Asasi Manusia, Diskresi
Subjects: Ilmu Hukum
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Ilmu Hukum (S1)
Depositing User: Drs. Mochammad Tantowi, M.Si.
Date Deposited: 26 May 2020 11:43
Last Modified: 26 May 2020 11:43
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/39396

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum