PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN BERBASIS BACA-TULIS, HAFALAN, DAN DISKUSI PADA MATA PELAJARAN QUR’AN HADIS KELAS XI MA SUNAN PANDANARAN

FAINNANA NILNAL MINAH, NIM. 16410006 (2020) PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN BERBASIS BACA-TULIS, HAFALAN, DAN DISKUSI PADA MATA PELAJARAN QUR’AN HADIS KELAS XI MA SUNAN PANDANARAN. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN BERBASIS BACA-TULIS, HAFALAN, DAN DISKUSI PADA MATA PELAJARAN QUR’AN HADIS KELAS XI MA SUNAN PANDANARAN)
16410006_BAB I_BAB IV DAFTAR PUSTAKA .pdf - Published Version

Download (16MB) | Preview
[img] Text (PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN BERBASIS BACA-TULIS, HAFALAN, DAN DISKUSI PADA MATA PELAJARAN QUR’AN HADIS KELAS XI MA SUNAN PANDANARAN)
16410006_BAB II_BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah bahwa tidak ada yang mengelak metode sebagai salah satu komponen pengajaran memiliki arti penting dan patut dipertimbangkan dalam rangka pengajaran, karena untuk menghasilkan pembelajaran yang berkualitas seorang guru membutuhkan kemampuan dalam menerapkan metode pembelajaran yang sesuai dengan kebutuhan dalam kelas. Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana penerapan metode pembelajaran berbasis baca-tulis, hafalan, dan diskusi, bagaimana pencapaian keberhasilan prestasi belajar peserta didik dengan penerapan metode pembelajaran berbasis baca-tulis, hafalan, dan diskusi, serta apa saja faktor pendukung dan penghambat penerapan metode pembelajaran berbasis baca-tulis, hafalan, dan diskusi. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan dan menganalisis tentang penerapan metode pembelajaran berbasis baca-tulis, hafalan, dan diskusi pada mata pelajaran Qur’an Hadis kelas XI MA Sunan Pandanaran tahun pelajaran 2019/2020 serta faktor pendukung dan penghambatnya. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan mengambil latar MA Sunan Pandanaran. Pengumpulan data dilakukan dengan melakukan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan reduksi data, penyajian data, kesimpulan dan verifikasi. Pemeriksaan keabsahan data dilakukan dengan mengadakan triangulasi data. Hasil penelitian menunjukkan: (1) Penerapan metode pembelajaran berbasis baca-tulis, hafalan, dan diskusi pada mata pelajaran Qur’an Hadis dilakukan pada waktu kegiatan inti pembelajaran. (2) Pencapaian keberhasilan belajar siswa yang diperoleh dengan penerapan metode ini pada mata pelajaran Qur’an Hadis antara lain siswa dapat membaca dan melafadzkan ayat dengan tartil, siswa dapat menulis ayat dengan baik dan benar, dan siswa dapat menghafal ayat atau dalil beserta terjemahan dan kosa katanya dengan lancar, siswa dapat menguraikan makna kandungan dari suatu ayat, siswa menyadari bahwa makna kandungan atau perintah dari suatu ayat wajib ditegakkan, serta siswa dapat menganjurkan kepada orang lain terkait dengan makna kandungan yang terdapat dalam suatu ayat. (3) Faktor pendukung penerapan metode diantaranya yaitu siswa bertanggungjawab dalam melaksanakan tugas, tingkat kejujuran siswa tinggi, serta siswa aktif dan mandiri. Sedangkan faktor penghambatnya adalah tidak semua materi dalam mata pelajaran Qur’an Hadis berupa ayat, ayat yang harus dihafalkan panjang, dan waktu pembelajaran yang tersedia tidak memadahi

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. H. Mahmud Arif, M. Ag
Uncontrolled Keywords: Metode Pembelajaran, Baca-Tulis, Hafalan, Diskusi, Qur’an Hadis
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Drs. Mochammad Tantowi, M.Si.
Date Deposited: 27 May 2020 09:29
Last Modified: 27 May 2020 09:29
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/39407

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum