IMPLEMENTASI PENILAIAN OLEH PENDIDIK DAN SATUAN PENDIDIKAN DALAM PEMBELAJARAN PAI KELAS XI DI SMK NEGERI 1 DEPOK SLEMAN YOGYAKARTA

MUHAMMAD DIMYATI MALIK, NIM. 16410076 (2020) IMPLEMENTASI PENILAIAN OLEH PENDIDIK DAN SATUAN PENDIDIKAN DALAM PEMBELAJARAN PAI KELAS XI DI SMK NEGERI 1 DEPOK SLEMAN YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (IMPLEMENTASI PENILAIAN OLEH PENDIDIK DAN SATUAN PENDIDIKAN DALAM PEMBELAJARAN PAI KELAS XI DI SMK NEGERI 1 DEPOK SLEMAN YOGYAKARTA)
MUHAMMAD DIMYATI MALIK_16410076_BAB I_BAB IV.pdf - Published Version

Download (33MB) | Preview
[img] Text (IMPLEMENTASI PENILAIAN OLEH PENDIDIK DAN SATUAN PENDIDIKAN DALAM PEMBELAJARAN PAI KELAS XI DI SMK NEGERI 1 DEPOK SLEMAN YOGYAKARTA)
MUHAMMAD DIMYATI MALIK_16410076_BAB II_BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (7MB)

Abstract

Penelitian ini bermula dari pentingnya seorang guru melaksanakan kegiatan penilaian belajar peserta didik, karena dengan melaksanakan penilaian guru bisa mengetahui sejauh mana peserta didik tersebut menguasai kompetensi yang sudah dipelajari. Untuk melaksanakan tugas ini, seorang guru harus mempelajari peraturan yang membahas tentang penilaian pendidikan. Seiring pergantian tahun sejak berlakuknya kurikulum 2013 sampai sekarang banyak peraturan yang membahas tentang penilaian pembelajaran. Idealnya dengan adanya peraturan yang mengatur tentang standar penilaian pendidikan, maka seorang guru lebih mudah untuk melakukan penilaian. Tetapi faktanya masih banyak guru yang tidak faham terkait hal itu. oleh karena itu, perlu adanya penelitian tentang bagaimana implementasi penilaian oleh pendidik dan satuan pendidikan yang sesuai dengan peraturan yang berlaku. Tujuan penelitian ini adalah: 1) Untuk mendeskripsikan implementasi penilaian oleh pendidik dan satuan pendidikan. 2) Untuk mengetahui pengelolaan hasil penilaian. 3) Untuk mengidentifikasi kendala yang dihadapi dalam implementasi penilaian. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif, dengan mengambil latar di SMK Negeri 1 Depok Sleman Yogyakarta. Subjek penelitiannya adalah Kepala Sekolah, Waka Bidang Kurikulaum, guru PAI kelas XI, dan peserta didik kelas XI di SMK Negeri 1 Depok Sleman Yogyakarta. Obyek penelitiannya adalah Implementasi Penilaian Oleh Pendidik Dan Satuan Pendidikan Dalam Pembelajaran PAI di kelas XI. Pengumpulan data dilakukan dengan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Peneliti dalam Analisis data menggunakan model Miles Huberman, yang terdiri dari data reduction, data display, verification. Teknik keabsahan data menggunakan teknik triangulasi sumber, metode, dan waktu. Hasil Penelitian menunjukkan: 1) implementai penilaian oleh pendidik meliputi penilaian harian dan penilaian tengah semester sedangkan penilaian oleh satuan pendidikan meliputi penilaian akhir semester dan penilaian akhir tahun. 2) Pengelolaan hasil penilaian meliputi tiga kompetensi, yaitu: afeksi, kognitif, dan psikomotor. 3) Kendala yang dihadapi guru dalam implementasi penilaian yaitu: a) pemborosan kertas, b) Sulitnya merumuskan indikator ketercapaian kompetensi afeksi, c) Kesulitan dalam mendeskripsikan hasil penilaian komtepensi sikap, d) Kurangnya waktu untuk membuat kisi-kisi soal dan soal, e) Kurangnya fasilitas pendukung penilaian, f) Instrumen yang digunakan belum bisa menggambarkan kemampuan psikomotor secara rill peserta didik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Drs. H. Rofik, M.Ag
Uncontrolled Keywords: Penilaian Oleh Pendidik, Satuan Pendidikan, dan Pembelajaran PAI.
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Drs. Mochammad Tantowi, M.Si.
Date Deposited: 27 May 2020 10:33
Last Modified: 27 May 2020 10:33
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/39412

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum