IMPLEMENTASI PENDEKATAN SAINTIFIK DALAM PENGEMBANGAN KETERAMPILAN 4C PADA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM KELAS X DI SMK NEGERI 1 DEPOK

Muhammad Saiful Rohman, NIM. 15410084 (2020) IMPLEMENTASI PENDEKATAN SAINTIFIK DALAM PENGEMBANGAN KETERAMPILAN 4C PADA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM KELAS X DI SMK NEGERI 1 DEPOK. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (IMPLEMENTASI PENDEKATAN SAINTIFIK DALAM PENGEMBANGAN KETERAMPILAN 4C PADA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM KELAS X DI SMK NEGERI 1 DEPOK)
15410084_BAB-I_IV_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (IMPLEMENTASI PENDEKATAN SAINTIFIK DALAM PENGEMBANGAN KETERAMPILAN 4C PADA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM KELAS X DI SMK NEGERI 1 DEPOK)
15410084_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (773kB)

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah pendekatan saintifik kurikulum 2013 revisi dalam pembelajaran seharusnya dapat membuat siswa memiliki keterampilan 4C agar mencetak lulusan yang berkompeten. Namun selama ini belum ada penelitian di SMK Negeri 1 Depok dalam pengembangan keterampilan 4C. Padahal sejak tahun 2017, SMK Negeri 1 Depok telah menerapkan kurikulum 2013 revisi menggunakan pendekatan saintifik. Permasalahan penelitian ini adalah bagaimana implementasi pendekatan saintifik dalam pengembangan keterampilan 4C pada pembelajaran PAI dan bagaimana hasil dari implementasi pendekatan saintifik dalam pengembangan keterampilan 4C. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi dan hasil dari pendekatan saintifik dalam pengembangan keterampilan 4C pada pembelajaran PAI. Penelitian ini merupakan jenis penelitian field research. Adapun pengumpulan datanya menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Pendekatan penelitian ini menggunakan pendekatan pedagogi. Analisis data dilakukan dengan melakukan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Uji keabsahan data menggunakan metode triangulasi sumber dan triangulasi tehnik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Implementasi pendekatan saintifik dalam pembelajaran PAI kelas X di SMK Negeri 1 Depok telah memenuhi indikator pendekatan saintifik, yaitu perencanaan pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran, dan evaluasi pembelajaran. Perencanaan pembelajaran terdiri atas silabus dan RPP. Pelaksanaan pembelajaran telah mencantumkan pengembangan keterampilan 4C. Evaluasi pembelajaran menggunakan tiga ranah penilaian, yaitu ranah sikap, ranah pengetahuan, dan ranah keterampilan. (2) Hasil dari implementasi pendekatan saintifik dalam pembelajaran PAI kelas X di SMK Negeri Depok secara umum menunjukkan hasil yang baik. Hal ini dapat dibuktikan dengan nilai ulangan harian siswa kelas X AKL 2, kelas X OTKP 2, dan kelas X PH telah memenuhi KKM.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Drs. H. Rofik, M.Ag.,
Uncontrolled Keywords: Kurikulum 2013 revisi, Keterampilan 4C, Pembelajaran PAI.
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 27 May 2020 12:45
Last Modified: 27 May 2020 12:45
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/39420

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum