PENERAPAN PENGGUNAAN LEGO KONSTRUKTIF SEBAGAI MEDIA PENGEMBANGAN MOTORIK HALUS ANAK DI KB TUNAS BANGSA

Lina Inviana, NIM. 15430097 (2020) PENERAPAN PENGGUNAAN LEGO KONSTRUKTIF SEBAGAI MEDIA PENGEMBANGAN MOTORIK HALUS ANAK DI KB TUNAS BANGSA. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENERAPAN PENGGUNAAN LEGO KONSTRUKTIF SEBAGAI MEDIA PENGEMBANGAN MOTORIK HALUS ANAK DI KB TUNAS BANGSA)
15430097_Lina Inviana_BAB I, BAB V, DAFTAR PUSTAKA, LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (9MB) | Preview
[img] Text (PENERAPAN PENGGUNAAN LEGO KONSTRUKTIF SEBAGAI MEDIA PENGEMBANGAN MOTORIK HALUS ANAK DI KB TUNAS BANGSA)
15430097_Lina Inviana_BAB II, BAB III, BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Abstract

Kemampuan motorik halus anak dapat dikembangkan melalui kegiatan sehari-hari yang dilakukan oleh anak, salah satunya adalah dengan menggunakan lego konstruktif sebagai medianya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perkembangan motorik halus anak di kelas A KB Tunas Bangsa II Mojosari, untuk mengetahui optimalisasi penggunaan lego konstruktif di KB Tunas Bangsa II Mojosar, dan untuk mengetahui pengembangan motorik halus anak melalui lego konstruktif di KB Tunas Bangsa II Mojosari. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan observasi langsung, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan menelaah seluruh data, mereduksi, menyusun dalam satuan dan mengkategorikannya kemudian ditarik kesimpulan. Pemeriksaan keabsahan data yang digunakan adalah triangulasi tehnik dan sumber. Subyek dari penelitian ini adalah anak kelas A di KB Tunas Bangsa II Mojosari yang berjumlah 13 anak dan satu pendidik, sedangkan obyek dari penelitian ini adalah penggunaan lego konstruktif sebagai media pengembangan motorik halus anak. Hasil dari penelitian ini adalah: (1) Perkembangan motorik halus anak di kelas A dengan rentang usia 2-3 tahun sudah cukup baik. Keterangan yang diperoleh dari data hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata anak kelas A sudah mencapai BSH atau berkembang sesuai harapan. (2) Optimalisasi penggunaan media berupa lego konstruktif di KB Tunas Bangsa II Mojosari adalah dengan mengunakan lego konstruktif setiap hari dan juga hampir setiap waktu. (3) Pengembangan motorik halus anak melalui media lego konstruktif secara umum dilakukan pada saat kegiatan inti yang mana dalam proses pembelajaran pendidik selalu melibatkan lego untuk digunakan sebagai media pembelajaran. Kemudian untuk penggunaan lego di luar jam pembelajaran, pendidik membebaskan anak untuk bermain dengan lego.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. Hj. Hibana, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Anak, Lego Konstruktif, Media, Motorik Halus
Subjects: Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini (S1)
Depositing User: Drs. Mochammad Tantowi, M.Si.
Date Deposited: 02 Jun 2020 11:15
Last Modified: 02 Jun 2020 11:15
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/39439

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum