IMPLEMENTASI APLIKASI KAHOOT! DALAM MENINGKATKAN MINAT BELAJAR BAHASA ARAB SISWA KELAS XI DI MA AL IMDAD BANTUL

Nurul Hidayah, NIM: 15420103 (2020) IMPLEMENTASI APLIKASI KAHOOT! DALAM MENINGKATKAN MINAT BELAJAR BAHASA ARAB SISWA KELAS XI DI MA AL IMDAD BANTUL. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (IMPLEMENTASI APLIKASI KAHOOT! DALAM MENINGKATKAN MINAT BELAJAR BAHASA ARAB SISWA KELAS XI DI MA AL IMDAD BANTUL)
15420103_BAB-I_V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (IMPLEMENTASI APLIKASI KAHOOT! DALAM MENINGKATKAN MINAT BELAJAR BAHASA ARAB SISWA KELAS XI DI MA AL IMDAD BANTUL)
15420103_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui langkah-langkah penerapan media Kahoot! dalam pembelajaran bahasa Arab dan untuk mengetahui ada atau tidaknya peningkatan minat belajar bahasa Arab padasiswa kelas XI MA Al Imdad Bantul tahun ajaran 2019/2020. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan yang menggunakan pendekatan kualitatif-kuantitatif dengan metode eksperimen. Metode yang digunakan dalam pengumpulan data menggunakan teknik wawancara,test, observasi, dokumentasi, dan angket. Angket dalam penelitian ini menggunakan pretest dan posttest.Uji validitas instrumen menggunakan Product Moment Karl Person dan untuk uji reabilitas menggunakan rumus Cronbach Alpha. Persyaratan analisis data menggunakan uji normalitas dengan rumus Kolmogorov-smirnov dan uji homogenitas dengan test of homogeneity varience. Hasil perolehan data diolah dan dianalisis menggunakan uji t. Hasil penelitian menunjukan bahwa penerapan media Kahoot!pada pembelajaran bahasa Arab berjalan dengan lancar. Penerapan media Kahoot!meningkatkan minat belajar bahasa Arab siswa. Media pembelajaran ini berpengaruh terhadap peningkatan minat belajar bahasa Arab siswa.Hal ini dibuktikan dari hasil uji t pretets dan posttest.Hasil uji t pretest diperoleh hasil signifikansi 0,127 (> 0,05). Artinya ada perbedaan kemampuan awal siswa, sementara hasil uji t posttest diperoleh hasil signifikansi 0,000 (< 0,05) artinya terdapat perbedaan minat belajar yang signifikan antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Namun hasil uji t Gain diperoleh hasil xvi signifikansi 0.003 (< 0,05) artinya ada perbedaan minat belajar yang signifikan antara kelas eksperimen dan kelas kontrol

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Drs. Dudung Hamdun, M. Si.,
Uncontrolled Keywords: Eksperimentasi, Aplikasi Kahoot!, Pembelajaran, Minat Bahasa Arab.
Subjects: Pendidikan Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab (S1)
Depositing User: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 03 Jun 2020 10:41
Last Modified: 03 Jun 2020 10:41
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/39447

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum