EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISIONS (STAD) DIPADU TUTOR SEBAYA TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA KELAS IV SD GROGOL

Evi Wulandari, NIM.: 13480118 (2020) EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISIONS (STAD) DIPADU TUTOR SEBAYA TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA KELAS IV SD GROGOL. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISIONS (STAD) DIPADU TUTOR SEBAYA TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA KELAS IV SD GROGOL)
13480118_BAB-I_ATAU_V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (8MB) | Preview
[img] Text (EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISIONS (STAD) DIPADU TUTOR SEBAYA TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA KELAS IV SD GROGOL)
13480118_BAB-II_S.D_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (744kB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas model pembelajaran kooperatif tipe Student Team Achievement Divisions (STAD) dipadu tutor sebaya terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa kelas IV SD Grogol. Variabel yang diukur dalam penelitian ini adalah kemampuan pemecahan masalah matematika siswa pada materi pecahan. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu (quasi experiment research). Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa SD Grogol tahun pelajaran 2019/2020, sedangkan sampelnya adalah siswa kelas IV A sebagai kelas eksperimen dan siswa kelas IV B sebagai kelas kontrol yang ditentukan dengan teknik Simple Random Sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu wawancara, dokumentasi dan tes (pretest dan posttest). Uji prasyarat menggunakan uji normalitas dan homogenitas sedangkan uji hipotesis menggunakan statistik nonparametrik yaitu uji Mann Whitney untuk data posttest. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe Student Team Achievement Divisions (STAD) dipadu Tutor Sebaya efektif terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa kelas IV SD Grogol. Hal ini dibuktikan dengan hasil uji Mann Whitney kelas eksperimen sebesar 0,048 lebih kecil dari 0,05 (0,048 < 0,05), maka H0 ditolak dan Ha diterima, yang artinya terdapat perbedaan yang signifikan antara nilai rata-rata kemampuan pemecahan masalah matematika siswa kelas eksperimen dan nilai rata-rata kemampuan pemecahan masalah matematika siswa kelas kontrol. Selain itu, pada hasil uji N-Gain nilai Mean pada kelas eksperimen sebesar 0,7906 dan nilai Mean pada kelas kontrol sebesar 0,6053. Berdasarkan klasifikasi N-Gain menurut R. Hake, nilai Mean pada kelas eksperimen sebesar 0,7906 termasuk dalam kategori tinggi. Sedangkan nilai Mean pada kelas kontrol sebesar 0,6053 termasuk dalam kategori sedang.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Izzatin Kamala, S.Pd., M.Pd.,
Uncontrolled Keywords: Student Team Achievement Divisions, Tutor Sebaya, Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika
Subjects: Pendidikan > Metode Pembelajaran
Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S1)
Depositing User: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 08 Jun 2020 16:11
Last Modified: 05 Jul 2022 12:02
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/39477

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum