EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN CREATIVE PROBLEM SOLVING (CPS) DENGAN PENDEKATAN OPEN ENDED TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR DAN SIKAP

Sufah Iliya Manazila, NIM. 16600032 (2020) EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN CREATIVE PROBLEM SOLVING (CPS) DENGAN PENDEKATAN OPEN ENDED TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR DAN SIKAP. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN CREATIVE PROBLEM SOLVING (CPS) DENGAN PENDEKATAN OPEN ENDED TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR DAN SIKAP)
16600032_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (18MB) | Preview
[img] Text (EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN CREATIVE PROBLEM SOLVING (CPS) DENGAN PENDEKATAN OPEN ENDED TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR DAN SIKAP)
16600032_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (7MB)

Abstract

Tujuan pertama dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah model pembelajaran CPS dengan pendekatan Open Ended lebih efektif daripada model pembelajaran konvensional terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa. Kedua, untuk mengetahui apakah model pembelajaran CPS dengan pendekatan Open Ended lebih efektif daripada model pembelajaran konvensional terhadap sikap kreatif siswa. Jenis penelitian ini adalah quasi experiment dengan desain penelitian non-equivalent control group design. Variabel penelitian ini terdiri dari variabel bebas yaitu model CPS dengan pendekatan Open Ended serta variabel terikat yaitu kemampuan berpikir dan sikap kreatif siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X MIPA SMA Negeri 2 Banguntapan tahun ajaran 2019/2020, sedangkan sampel penelitiannya adalah kelas X MIPA 1 dan kelas X MIPA 3. Kelas X MIPA 1 dijadikan sebagai kelas eksperimen sedangkan kelas X MIPA 3 dijadikan sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah instrumen pretest-posttest kemampuan berpikir kreatif, prescale-postscale sikap kreatif, RPP, dan LKS. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan Uji Mann Whitney. Analisis data dilakukan dengan bantuan software SPSS 16. Hasil penelitian yang pertama menunjukkan bahwa model pembelajaran CPS dengan pendekatan Open Ended lebih efektif daripada model pembelajaran konvensional terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa. Kedua, hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran CPS dengan pendekatan Open Ended tidak lebih efektif daripada pembelajaran konvensional terhadap sikap kreatif siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Suparni, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Creative Problem Solving (CPS), Open Ended, Kemampuan Berpikir Kreatif, Sikap Kreatif
Subjects: Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Matematika (S1)
Depositing User: Drs. Mochammad Tantowi, M.Si.
Date Deposited: 15 Jun 2020 11:45
Last Modified: 15 Jun 2020 11:45
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/39512

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum