IMPLEMENTASI ALAT PERMAINAN EDUKATIF JIGSAW PUZZLE DALAM MENGHAFAL HURUF HIJAIYAH DI KELOMPOK BERMAIN AISYIYAH PUTON, BANTUL, YOGYAKARTA TAHUN PELAJARAN 2018-2019

Endry Anna, NIM. 15430045 (2020) IMPLEMENTASI ALAT PERMAINAN EDUKATIF JIGSAW PUZZLE DALAM MENGHAFAL HURUF HIJAIYAH DI KELOMPOK BERMAIN AISYIYAH PUTON, BANTUL, YOGYAKARTA TAHUN PELAJARAN 2018-2019. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (IMPLEMENTASI ALAT PERMAINAN EDUKATIF JIGSAW PUZZLE DALAM MENGHAFAL HURUF HIJAIYAH DI KELOMPOK BERMAIN AISYIYAH PUTON, BANTUL, YOGYAKARTA TAHUN PELAJARAN 2018-2019)
15430045_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (6MB) | Preview
[img] Text (IMPLEMENTASI ALAT PERMAINAN EDUKATIF JIGSAW PUZZLE DALAM MENGHAFAL HURUF HIJAIYAH DI KELOMPOK BERMAIN AISYIYAH PUTON, BANTUL, YOGYAKARTA TAHUN PELAJARAN 2018-2019)
15430045_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh pentingnya pengenalan huruf hijaiyah untuk dikenalkan kepada anak sejak anak usia dini untuk mempersiapkan generasi yang diharapkan yaitu menjadi manusia yang mencintai Al-Qur‟an sebagai pegangan hidup sepanjang masa dunia dan akhirat. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan alat permainan edukatif jigsaw puzzle dalam menghafal huruf hijaiyah di Kelompok Bermain Aisyiyah Puton, Bantul, Yogyakarta Tahun Pelajaran 2018-2019. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif kualitatif di Kelompok Bermain Aisyiyah Puton. Teknik yang digunakan untuk memperoleh data-data yang berkaitan dengan penelitian ini adalah: observasi, wawancara, dan dokumentasi. Kemudian dalam menganalisis data menggunakan langkah-langkah: reduksi data, penyajian data dan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa implementasi alat permainan edukatif jigsaw puzzle dalam menghafal huruf hijaiyah di Kelompok Bermain Aisyiyah Puton, Bantul, Yogyakarta Tahun Pelajaran 2018-2019 sudah berjalan dengan baik dan memberikan pengaruh yang baik pula pada anak, karena dengan menggunakan APE jigsaw puzzle anak lebih aktif, semangat, antusias sehingga menciptakan lingkungan belajar yang kondusif dan anak juga lebih mudah memahami huruf hijaiyah. Pembelajaran dilaksanakan seminggu sekali pada sentra Imtaq. Teknik yang diterapkan yaitu dengan teknik tanya jawab dan pembiasaan. Dampak dari implementasi alat permainan jigsaw puzzle dalam menghafal huruf hijaiyah terhadap peserta didik di KB Aisyiyah Puton adalah dapat memberikan pengaruh yang ix positif bagi sekolah, guru, orang tua dan terutama dalam menghafal huruf hijaiyah. Faktor pendukung dan penghambat dalam menghafal huruf hijaiyah dengan menggunakan alat permainan edukatif jigsaw puzzle di KB Aisyiyah Puton terdiri dari faktor internal dan faktor eksternal. Faktor internal terdapat pada diri anak sendiri yaitu kondisi kesehatan anak, minat dan keaktifan serta karakter anak. Sedangkan faktor eksternal berasal dari lingkungan keluarga dan lingkungan sekolah pada anak. Kata kunci: Alat Permainan Edukatif, Jigsaw Puzzle, Huruf Hijaiyah

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. Hj. Erni Munastiwi, M.M.,
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: Alat Permainan Edukatif, Jigsaw Puzzle, Huruf Hijaiyah
Subjects: Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini (S1)
Depositing User: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 18 Jun 2020 13:02
Last Modified: 18 Jun 2020 13:02
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/39546

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum