Integrasi Pendidikan untuk Pembangunan Berkelanjutan (PPB) dalam Pendidikan Guru di Asia Tenggara: Sebuah Panduan bagi Pendidik

ISTININGSIH, - (2020) Integrasi Pendidikan untuk Pembangunan Berkelanjutan (PPB) dalam Pendidikan Guru di Asia Tenggara: Sebuah Panduan bagi Pendidik. Grafika Indah, Yogyakarta. ISBN 979820540-5

[img]
Preview
Text (Integrasi Pendidikan untuk Pembangunan Berkelanjutan (PPB) dalam Pendidikan Guru di Asia Tenggara: Sebuah Panduan bagi Pendidik)
USHIO ISTININGSIH.pdf

Download (8MB) | Preview

Abstract

Publikasi ini merupakan output kumulatif dari proyek berkelanjutan, yang dimulai dengan para guru di Asia Tenggara, dilaksanakan oleh UNESCO Bangkok, bekerja sama dengan SEAMEO dari 2017 hingga 2018, dengan dukungan yang murah hati dari Pemerintah Jepang. Konten awal dikembangkan bersama dengan perwakilan dari universitas dan lembaga pendidikan guru yang berpartisipasi dalam Lokakarya Sub-Regional Asia Tenggara tentang Pendidikan untuk Pembangunan Berkelanjutan (PPB) untuk Lembaga Pendidikan Guru, yang diselenggarakan dari 5 hingga 9 Juni 2017 di Chiang Rai, Thailand. Konten sejak itu telah ditingkatkan melalui berbagi pengetahuan dan pengalaman yang dikumpulkan dari serangkaian lokakarya dalam negeri yang diadakan di Cebu, Filipina; Luang Prabang, Laos; Kampot, Kamboja; Bangkok, Thailand; dan Yogyakarta, Indonesia. Puncak dari lokakarya ini adalah ulasan proyek di Bangkok dari 24 hingga 26 April 2018 di mana berbagai pengalaman dalam negeri dibagikan dan komentar tentang buku pedoman dikumpulkan. Dua puluh enam universitas dan lembaga pendidikan guru telah mengambil bagian dalam proses proyek secara total. Buku panduan ini adalah hasil dari perjalanan kolaboratif. Pengembangan publikasi ini dipimpin dan dikoordinasikan oleh Ushio Miura dari Bagian untuk Inovasi Pendidikan dan Pengembangan Keterampilan, UNESCO Bangkok, bekerja sama erat dengan Ethel Agnes P. Valenzuela dari Sekretariat SEAMEO. Kami ingin mengucapkan terima kasih yang mendalam kepada penulis utama buku panduan ini Jose Roberto Guevara dari RMIT University (Australia). Kami juga berterima kasih kepada Julie Harris, Victoria Pendidikan Lingkungan (Australia), Fumiko Noguchi, Universitas RMIT (Australia), Linsell Richards, Universitas Oslo (Norwegia) dan Chariya Chiumkanokchai, UNESCO Bangkok, yang memberikan dukungan penelitian dan penulisan selama proses ini. Tanpa keterlibatan aktif dan dukungan semua orang yang mengambil bagian dalam proyek ini, buku panduan ini tidak akan mungkin terjadi. Secara khusus, kami ingin mengucapkan terima kasih kepada para peserta yang bergabung dengan lokakarya Chiang Rai dan Bangkok dan berkontribusi pada isi buku panduan ini. Mereka adalah: Ethel Abao, Universitas Normal Cebu (Filipina), Athapol Anunthavorasakul, Universitas Chulalongkorn (Thailand), Jestoni Babia, Universitas San Jose-Recoletos (Filipina), Hongkham Bouthduangthip, Sekolah Tinggi Pelatihan Guru Luang Prabang (PDR Laos), Lynnette Camello , Universitas Teknologi Cebu (Filipina), Renan Elcullada, Universitas Normal Cebu (Filipina), Gliceria Arlyn Garancho, Universitas Normal Filipina Visayas (Filipina), Istiningsih, Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga (Indonesia), Vangvichit Kittikhoun, Universitas Souphanouvong (Lao PDR) , Nuchwana Luanganggoon, Universitas Khon Kaen (Thailand), Mam Chansean, Institut Pendidikan Nasional (Kamboja), Socheath Mam, Universitas Kerajaan Phnom Penh (Kamboja), Saroeun Mao, Institut Pendidikan Nasional (Kamboja), Agus Maryono, Universitas Gadjah Mada (Indonesia), Ali Mustadi, Universitas Negeri Yogyakarta (Indonesia), Penglong Ngor, Kementerian Pendidikan, Pemuda dan Olahraga (Kamboja), Huy Duc Nguyen, V Universitas Nasional ietnam, Hanoi (Vietnam), Minh Thi Hong Nguyen, Universitas Nasional Vietnam, Hanoi (Vietnam), Jennifer Paño, Universitas Normal Cebu (Filipina), Phimpha Phiathep, Universitas Nasional Laos (Laos), Fuangarun Preededilok, Universitas Chulalongkorn (Thailand), Irfan Dwidya Prijambada, Universitas Gadjah Mada (Indonesia), Somephet San, Universitas Souphanouvong (Laos), Arunee Sangsuwan, Universitas Khon Kaen (Thailand), Parichat Saenna, Universitas Khon Kaen (Thailand), Anna Liza Santillana, Visayas Universitas Normal Filipina (Filipina), Veverle San Juan, Universitas Normal Filipina Luzon Selatan (Filipina), Souksanh Sayavong, Universitas Nasional Laos (Laos), Set Seng, Sekolah Pelatihan Guru Phnom Penh (Kamboja), Sok Soth, Universitas Kerajaan Phnom Penh (Kamboja), Wongduan Suwansiri, Kantor Komisi Pendidikan Dasar Kementerian Pendidikan (Thailand), Thongthiane Vathanavong, Universitas Souphanouvong (Laos), Souktisak Veekoonth ong, Sekolah Pelatihan Guru Khangkhay (PDR Laos), Sot Visal, Universitas Kerajaan Phnom Penh (Kamboja), Eny Winarti, Universitas Sanata Dharma (Indonesia), dan Suratman Worosuprojo, Universitas Gadjah Mada (Indonesia). Penghargaan kami juga tujukan kepada semua pihak di Sekretariat SEAMEO dan UNESCO yang memberikan dukungan tanpa henti untuk proyek ini, khususnya: Bernadette Caraig, Chanika Nonthachai, Pimratchada Patanasuthikul, Pranee Prakobdee, dan Tachana Sae-Tieo dari SEAMEO; Mee Young Choi, Julia Heiss, Santosh Khatri, Mizuho Tanaka, dan Patriyatorn Vitchuchaichan dari UNESCO; dan masing-masing penyelia kami Gatot Hari Priowirjanto, Direktur Sekretariat SEAMEO dan Libing Wang, Kepala Bagian untuk Inovasi Pendidikan dan Pengembangan Keterampilan UNESCO Bangkok. Terakhir, tidak kalah pentingnya kami mengucapkan terima kasih yang mendalam kepada Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Olahraga, Sains dan Teknologi (MEXT) Jepang atas dukungan keuangan mereka, yang memungkinkan proyek ini terlaksana.

Item Type: Book
Subjects: Pendidikan
Divisions: Buku
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 20 Jun 2020 15:02
Last Modified: 20 Jun 2020 15:02
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/39555

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum