BIMBINGAN KELOMPOK UNTUK MEMBANTU PENYESUAIAN DIRI ANAK ASUH PUTRA DI PANTI ASUHAN LA TAHZAN PONDOK PESANTREN

Anjorta Mutia Purry, NIM. 16220008 (2020) BIMBINGAN KELOMPOK UNTUK MEMBANTU PENYESUAIAN DIRI ANAK ASUH PUTRA DI PANTI ASUHAN LA TAHZAN PONDOK PESANTREN. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (BIMBINGAN KELOMPOK UNTUK MEMBANTU PENYESUAIAN DIRI ANAK ASUH PUTRA DI PANTI ASUHAN LA TAHZAN PONDOK PESANTREN)
16220008_BAB-I_ATAU_IV_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (7MB) | Preview
[img] Text (BIMBINGAN KELOMPOK UNTUK MEMBANTU PENYESUAIAN DIRI ANAK ASUH PUTRA DI PANTI ASUHAN LA TAHZAN PONDOK PESANTREN)
16220008_BAB-II_S.D._SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi karena sebagian besar anak asuh yang ada di Panti Asuhan La Tahzan Pondok Pesantren Darul Mushlihin jauh dari orang tuanya serta tempat tinggalnya. Sehingga para anak asuh memiliki kemungkinan besar mengalami kesulitan dalam penyesuaian diri dilingkupnya yang baru. Faktor tersebut jelas menjadi hambatan bagi anak asuh dalam menjalankan aktivitasnya sehingga mengganggu anak asuh dalam mengikuti kegiatan di Panti Asuhan La Tahzan Pondok Pesantren Darul Mushlihin. Setiap anak tentunya memiliki kemampuan yang berbeda-beda dalam penyesuaian dirinya. Sehingga hal tersebut akan menimbulkan problematika yang ditemukan oleh pengasuh di Panti Asuhan La Tahzan Pondok Pesantren Darul Mushlihin. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa tahap pelaksanaan bimbingan kelompok yang dilakukan oleh pembimbing untuk membantu penyesuaian diri anak asuh putra di Panti Asuhan La Tahzan Pondok Pesantren Darul Mushlihin Yogyakarta memiliki beberapa tahapan, yaitu: tahap pembentukan, tahap peralihan (dalam tahap ini pemimpin menjelaskan peranan tiap anggota agar bimbingan kelompok berjalan dengan baik dan lancar, setelah itu sesi tanya jawab bagi anak asuh yang kurang paham agar siap memasuki tahap selanjutnya dan disambung sesi ice breaking guna menghindari kejenuhan anak asuh). Tahap kegiatan, (pada tahap ini merupakan inti dari kegiatan bimbingan kelompok yang mana anak asuh mengungkapkan segala keluh kesah, adanya konfrontasi, serta pemecahan masalah yang dilakukan dengan berbagai upaya demi terentaskannya masalah). Yang terakhir yaitu tahap pengakhiran. xiii Penelitian ini termasuk dalam penelitian lapangan dengan menggunakan metode kualitatif. Metode yang digunakan dalam pengumpulan data berupa lembar observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif, yaitu dengan mengumpulkan data dan mereduksinya menjadi kesimpulan. Subjek dalam penelitian ini adalah pemimpin sekaligus guru BK dan enam anak asuh putra di Panti Asuhan La Tahzan. Sedangkan objeknya adalah tahap-tahap bimbingan kelompok yang dilakukan oleh pembimbing terhadap anak asuh guna untuk membantu penyesuaian diri.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Drs. H. Abdullah, M.Si
Uncontrolled Keywords: Bimbingan Kelompok dan Membantu Penyesuaian Diri Anak Asuh Putra
Subjects: Bimbingan dan Konseling Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Bimbingan dan Konseling Islam (S1)
Depositing User: Drs. Mochammad Tantowi, M.Si.
Date Deposited: 22 Jun 2020 13:11
Last Modified: 22 Jun 2020 13:11
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/39563

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum