WISATA KAMPUNG CODE: Studi Proses Pengembangan Aset Alam Sungai di Wisata Kampung Code, Jetisharjo, Yogyakarta

Muhammad Baharuddin Saiful Anam, NIM. 16230019 (2020) WISATA KAMPUNG CODE: Studi Proses Pengembangan Aset Alam Sungai di Wisata Kampung Code, Jetisharjo, Yogyakarta. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (WISATA KAMPUNG CODE: Studi Proses Pengembangan Aset Alam Sungai di Wisata Kampung Code, Jetisharjo, Yogyakarta)
16230019_BAB-I_IV_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (WISATA KAMPUNG CODE: Studi Proses Pengembangan Aset Alam Sungai di Wisata Kampung Code, Jetisharjo, Yogyakarta)
16230019_BAB-II_sampai_SEBELUM -BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian yang berjudul “WISATA KAMPUNG CODE : Studi Proses Pengembangan Aset Alam Sungai di Wisata Kampung Code, Jetisharjo, Yogyakarta”. Tujuan penelitian untuk mengetahui Proses dan Dampak Wisata Code terhadap masyarakat bantaran sungai. Pertanyaan yang diangkat dalam penelitian ini adalah bagaimana proses yang di lakukan oleh masyarakat code dalam mengembangkan aset sungai menjadi wisata, bagaimana dampak yang dirasakan oleh masyarakat code setelah mengembangkan aset sungai menjadi wisata. Peneliti menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif untuk mendapatkan jawaban dari tujuan penelitian tersebut. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Informan dalam penelitian ini meliputi Pemerti Code dan masyarakat Kampung Jestisharjo yang ikut serta berpartisipasi dalam pengelolaan wisata. Hasil penelitian menunjukkan bahwa proses pengembangan asset sungai sampai terbentuknya destinasi Wisata Code meliputi beberapa tahap, yaitu penemuan potensi, impian, penyadaran, memberi materi pengkapasitasan, dan pendayaan. Sedangkan dampak yang dirasakan oleh masyarakat Kampung Jetisharjo setelah adanya Wisata Code adalah perubahan lingkungan, penguatan SDM mulai meningkat melalui kegiatan pelatihan, perubahan ekonomi masyarakat yang meningkat.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. Pajar Hatma Indra Jaya, S. Sos., M. Si
Uncontrolled Keywords: Proses dan Dampak Wisata Code
Subjects: Pengembangan Masyarakat Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Pengembangan Masyarakat Islam (S1)
Depositing User: Drs. Mochammad Tantowi, M.Si.
Date Deposited: 23 Jun 2020 10:06
Last Modified: 23 Jun 2020 10:06
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/39575

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum