DESTINASI DIGITAL PASAR KAKI LANGIT: STUDI MODAL SOSIAL DAN MODEL PENGEMBANGAN MASYARAKAT

IDA PUSPITA, NIM.16230055 (2020) DESTINASI DIGITAL PASAR KAKI LANGIT: STUDI MODAL SOSIAL DAN MODEL PENGEMBANGAN MASYARAKAT. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (DESTINASI DIGITAL PASAR KAKI LANGIT: STUDI MODAL SOSIAL DAN MODEL PENGEMBANGAN MASYARAKAT)
16230055_BAB-I_IV_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (5MB) | Preview
[img] Text (DESTINASI DIGITAL PASAR KAKI LANGIT: STUDI MODAL SOSIAL DAN MODEL PENGEMBANGAN MASYARAKAT)
16230055_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan unsur modal sosial dan model pengembangan masyarakat beserta dampak dalam pengembangan destinasi digital Pasar Kaki Langit Mangunan. Adapun penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data observasi, wawancara dan lacak dokumentasi. Teknik Triangulasi dalam penelitian ini menggunakan metode dan sumber dengan analisis data interaktif Model Miles And Huberman melalui: reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Penyajian data penelitian ini berbentuk tulisan dan menerangkan apa adanya data yang diperoleh di lokasi penelitian. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa Destinasi Digital Pasar Kaki Langit merupakan destinasi yang menawarkan wisata kearifan lokal seperti budaya dan kuliner yang dikreasi oleh komunitas Generasi Pesona Indonesia (Genpi) dan masyarakat Mangunan. Pembangunan destinasi ini menggunakan kekuatan modal sosial dengan unsur yang terdiri dari jaringan sosial, norma dan kepercayaan di dalam suatu kelompok. Model pengembangan masyarakat yang diterapkan dalam mempertahankan keberlanjutan destinasi digital Pasar Kaki Langit mengunakan Model Pentahelix sesuai dengan perintah Menteri Pariwisata Republik Indonesia. Model ini mengkolaborasikan beberapa stakeholders diantaranya: government, community, academics, business dan media yang memiliki tujuan untuk mendukung inovasi bersama. Generasi Pesona Indonesia (Genpi) menjadi salah satu stakeholder yang memberikan dana pembangunan Pasar Kaki Langit sebesar Rp.24.000.0000 (dua puluh empat juta rupiah) kepada pengelola wisata. Adapun dampak yang ditimbulkan dari pembangunan destinasi digital Pasar Kaki Langit diantaranya: dampak sosial yaitu meningkatnya keterampilan masyarakat dan perubahan struktur mata pencaharian. Dampak ekonomi diantaranya penyerapan tenaga kerja dan peningkatan pendapatan. Dampak budaya diantaranya pelestarian kearifan lokal kemudian dampak negatif dari pariwisata ini adalah masyarakat yang bergantung pada sektor pariwisata..

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr.Abdur Rozaki, S.Ag, M.Si
Uncontrolled Keywords: Destinasi Digital, Modal Sosial dan Model Pengembangan Masyarakat
Subjects: Pengembangan Masyarakat Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Pengembangan Masyarakat Islam (S1)
Depositing User: Drs. Mochammad Tantowi, M.Si.
Date Deposited: 23 Jun 2020 10:21
Last Modified: 23 Jun 2020 10:21
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/39577

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum