EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN MATEMATIKA MENGGUNAKAN METODE SYGI (STUDY OF GROUP INTEGRATED-INTERCONNECTED) DENGAN NILAI-NILAI

Wahyu Khoiri Nisa, NIM. 15600012 (2020) EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN MATEMATIKA MENGGUNAKAN METODE SYGI (STUDY OF GROUP INTEGRATED-INTERCONNECTED) DENGAN NILAI-NILAI. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN MATEMATIKA MENGGUNAKAN METODE SYGI (STUDY OF GROUP INTEGRATED-INTERCONNECTED) DENGAN NILAI-NILAI)
Wahyu Khoiri Nisa_15600012_BAB I_BAB V.pdf - Published Version

Download (23MB) | Preview
[img] Text (EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN MATEMATIKA MENGGUNAKAN METODE SYGI (STUDY OF GROUP INTEGRATED-INTERCONNECTED) DENGAN NILAI-NILAI)
Wahyu Khoiri Nisa_15600012_BAB II_BAB III_BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (8MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui keefektifan pembelajaran menggunakan metode SYGI dengan nilai-nilai keislaman dibandingkan dengan pembelajaran konvensional terhadap kemampuan pemahaman konsep matematika siswa. Penelitian ini juga untuk mengetahui keefektifan pembelajaran menggunakan metode SYGI dengan nilai-nilai keislaman dibandingkan dengan pembelajaran konvensional terhadap motivasi belajar matematika siswa. Jenis penelitian ini adalah quasi experiment dengan desain Control Group Pretest-posttest Design. Variabel penelitian ini terdiri dari variabel bebas yaitu metode pembelajaran SYGI dengan nilai-nilai keislaman serta variabel terikat yaitu kemampuan pemahaman konsep matematika siswa dan motivasi belajar matematika siswa. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VII MTs Negeri 2 Sragen tahun ajaran 2019/2020. Sampel penelitiannya adalah siswa kelas VII F sebagai kelas eksperimen dan siswa kelas VII G sebagai kelas kontrol. Kelas VII F dijadikan sebagai kelas eksperimen yang mendapatkan perlakuan berupa metode pembelajaran SYGI dengan nilai-nilai keislaman. Instrumen dalam penelitian ini adalah pretest-posttest kemampuan pemahaman konsep matematika siswa, prescale-postscale motivasi belajar matematika siswa, RPP, dan LKPD. Teknik analisis data untuk kemampuan pemahaman konsep dan motivasi belajar matematika siswa dalam penelitian ini menggunakan uji-t. Analisis data dilakukan dengan bantuan software SPSS 23 dan Microsoft Excel. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode pembelajaran SYGI dengan nilai-nilai keislaman lebih efektif dibandingkan dengan pembelajaran konvensional terhadap kemampuan pemahaman konsep matematika siswa dan motivasi belajar matematika siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. Iwan Kuswidi, S.Pd.I., M.Sc
Uncontrolled Keywords: Efektivitas, Metode pembelajaran SYGI, Nilai-nilai keislaman, Kemampuan pemahaman konsep matematika siswa, Motivasi belajar matematika siswa.
Subjects: Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Matematika (S1)
Depositing User: Drs. Mochammad Tantowi, M.Si.
Date Deposited: 24 Jun 2020 11:55
Last Modified: 24 Jun 2020 11:55
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/39597

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum