Wahyu Khoiri Nisa, NIM. 15600012 (2020) EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN MATEMATIKA MENGGUNAKAN METODE SYGI (STUDY OF GROUP INTEGRATED-INTERCONNECTED) DENGAN NILAI-NILAI. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA.
|
Text (EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN MATEMATIKA MENGGUNAKAN METODE SYGI (STUDY OF GROUP INTEGRATED-INTERCONNECTED) DENGAN NILAI-NILAI)
Wahyu Khoiri Nisa_15600012_BAB I_BAB V.pdf - Published Version Download (23MB) | Preview |
|
Text (EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN MATEMATIKA MENGGUNAKAN METODE SYGI (STUDY OF GROUP INTEGRATED-INTERCONNECTED) DENGAN NILAI-NILAI)
Wahyu Khoiri Nisa_15600012_BAB II_BAB III_BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (8MB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui keefektifan pembelajaran menggunakan metode SYGI dengan nilai-nilai keislaman dibandingkan dengan pembelajaran konvensional terhadap kemampuan pemahaman konsep matematika siswa. Penelitian ini juga untuk mengetahui keefektifan pembelajaran menggunakan metode SYGI dengan nilai-nilai keislaman dibandingkan dengan pembelajaran konvensional terhadap motivasi belajar matematika siswa. Jenis penelitian ini adalah quasi experiment dengan desain Control Group Pretest-posttest Design. Variabel penelitian ini terdiri dari variabel bebas yaitu metode pembelajaran SYGI dengan nilai-nilai keislaman serta variabel terikat yaitu kemampuan pemahaman konsep matematika siswa dan motivasi belajar matematika siswa. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VII MTs Negeri 2 Sragen tahun ajaran 2019/2020. Sampel penelitiannya adalah siswa kelas VII F sebagai kelas eksperimen dan siswa kelas VII G sebagai kelas kontrol. Kelas VII F dijadikan sebagai kelas eksperimen yang mendapatkan perlakuan berupa metode pembelajaran SYGI dengan nilai-nilai keislaman. Instrumen dalam penelitian ini adalah pretest-posttest kemampuan pemahaman konsep matematika siswa, prescale-postscale motivasi belajar matematika siswa, RPP, dan LKPD. Teknik analisis data untuk kemampuan pemahaman konsep dan motivasi belajar matematika siswa dalam penelitian ini menggunakan uji-t. Analisis data dilakukan dengan bantuan software SPSS 23 dan Microsoft Excel. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode pembelajaran SYGI dengan nilai-nilai keislaman lebih efektif dibandingkan dengan pembelajaran konvensional terhadap kemampuan pemahaman konsep matematika siswa dan motivasi belajar matematika siswa.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | Dr. Iwan Kuswidi, S.Pd.I., M.Sc |
Uncontrolled Keywords: | Efektivitas, Metode pembelajaran SYGI, Nilai-nilai keislaman, Kemampuan pemahaman konsep matematika siswa, Motivasi belajar matematika siswa. |
Subjects: | Pendidikan Matematika |
Divisions: | Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Matematika (S1) |
Depositing User: | Drs. Mochammad Tantowi, M.Si. |
Date Deposited: | 24 Jun 2020 11:55 |
Last Modified: | 24 Jun 2020 11:55 |
URI: | http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/39597 |
Share this knowledge with your friends :
Actions (login required)
View Item |