STRATEGI PEMASARAN JASA LEMBAGA BIMBINGAN BELAJAR PRIMAGAMA YOGYAKARTA

CANDRA AJI PRASTYA, NIM. 16490034 (2020) STRATEGI PEMASARAN JASA LEMBAGA BIMBINGAN BELAJAR PRIMAGAMA YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (STRATEGI PEMASARAN JASA LEMBAGA BIMBINGAN BELAJAR PRIMAGAMA YOGYAKARTA)
16490034_BAB I_BAB IV_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (11MB) | Preview
[img] Text (STRATEGI PEMASARAN JASA LEMBAGA BIMBINGAN BELAJAR PRIMAGAMA YOGYAKARTA)
16490034_BAB II_BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Lembaga bimbingan belajar merupakan salah satu pendidikan nonformal yang diikuti siswa sekolah selain pendidikan formal dengan maksud agar mudah dalam memahami materi pelajaran di sekolah. Primagama merupakan lembaga bimbingan belajar yang telah berdiri sejak 10 Maret 1982. Saat ini, Primagama bukan satu-satunya lembaga bimbingan belajar yang ada di Indonesia. Banyak juga lembaga bimbingan belajar serupa dan terlebih lagi belakangan ini muncul jenis bimbingan belajar online yang dapat diakses dengan mudah melalui telepon pintar. Hal ini menjadikan persaingan pesaing antar lembaga bimbingan belajar menjadi semakin ketat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi pemasaran jasa Lembaga Bimbingan Belajar Primagama Yogyakarta. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Data diperoleh melalui proses reduksi data dan transcribing, kemudian dianalisis dengan menggunakan metode analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian: (1) Strategi pemasaran Lembaga Bimbingan Belajar Primagama meliputi perencanaan produk yang sesuai dengan kebutuhan konsumen (product), penetapan harga/biaya (price), promosi (promotion), tempat/lokasi (place) dan menyediakan tentor dan karyawan (people). (2) Strategi pemasaran belum efektif dalam menarik siswa mendaftar jasa Bimbingan Belajar Primagama. Efektivitas diukur dari peningkatan cash-in dari tahun ke tahun. (3) Faktor pendukung strategi pemasaran Primagama adalah brand image Primagama yang sudah dimiliki sejak lama, tentor yang berkualitas, cabang yang tersebar di seluruh Indonesia. Adapun faktor penghambat strategi pemasaran Lembaga Bimbingan Belajar Primagama antara lain perubahan sistem franchise, isu negatif terkait masalah personal yang dikaitkan dengan lembaga, perubahan manajemen, administrasi perizinan yang susah karena sekolah yang sudah terikat kontrak dengan lembaga lain serta jadwal agenda yang bertabrakan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Muhammad Qowim, S.Ag., M.Ag
Uncontrolled Keywords: Strategi Pemasaran Jasa, Pendidikan Nonformal, Lembaga Bimbingan Belajar
Subjects: Manajemen dan Kebijakan Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam (S1)
Depositing User: Drs. Mochammad Tantowi, M.Si.
Date Deposited: 25 Jun 2020 12:06
Last Modified: 25 Jun 2020 12:06
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/39614

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum