Konstruksi Konsep Liyan pada Portal Hidayatullah.com: Critical Discourse Analysis

Juparno Hatta, NIM. 17205010045 (2020) Konstruksi Konsep Liyan pada Portal Hidayatullah.com: Critical Discourse Analysis. Masters thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (Konstruksi Konsep Liyan pada Portal Hidayatullah.com: Critical Discourse Analysis)
17205010045_BAB I_BAB_TERAKHIR_DAFTAR_PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (Konstruksi Konsep Liyan pada Portal Hidayatullah.com: Critical Discourse Analysis)
17205010045_BAB II_S.D_SEBELUM_BAB_TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (7MB)

Abstract

Indonesia adalah suatu kawasan dengan keberagaman, konflik seringkali menghampiri seperti pada kasus krisis hubungan sosial yang turut menjadi perhatian semua kalangan. Proyeksi pada pihak lain ikut mempengaruhi hubungan sosial dewasa ini. Setidaknya proses proyeksi selanjutnya akan menciptakan klasifikasi liyan. Liyan merupakan kategori penanda yang diperuntukkan bagi orang atau kelompok di luar sebuah pandangan. Maraknya persekusi terhadap oknum yang terjadi belakangan ini disebabkan proyeksi liyan yang telah terstruktur dalam realitas kognitif subjek. Hal demikian terjadi karena arena proses itu akan menciptakan kategori in group love dan in group hate. Singkatnya, dari proses itu melahirkan demarkasi antara kami dan mereka. Di sisi lain, Hidayatullah.com merupakan portal Islam online yang concern dalam bidang tarbiyah dan dakwah, terlibat dalam mengkonstruksi konsep liyan. Sebagai portal Islam yang banyak dikunjungi oleh pengunjung, Hidayatullah.com dengan diskursus yang dibangun akan mempengaruhi audiens. Media Islam dalam bentuk media daring di tahun 2020 telah menjadi metode dakwah alternatif yang digunakan untuk persemaian ideologi dari gerakan keagamaan. Portal Hidayatullah.com adalah salah satunya dan pada kajian kali ini menjadi objek material dalam penelitian, karena portal Islam ini memiliki keterikatan dengan ormas Islam Hidayatullah. Kajian kali ini merupakan penelitian yang bersifat library research yang merupakan metode penelitian kualitatif dengan menggunakan teori Analisis Wacana Kritis dari Norman Fairclough. Fokus kajian ini adalah konsep liyan yang dibangun Hidayatullah.com dan praktik-praktik diskursif yang mengitari di antara konsep liyan. Dari pembacaan teks yang dipublikasi, ditemukan hasil bahwa Hidayatullah.com menciptakan klasifikasi dalam bingkai in-outgroup. Sedangkan konsep liyan dideskripsikan dalam bingkai outgroup hate, yang membuat entitas tersebut tidak dapat diakomodasi keberadaannya dan menciptakan sikap dan pandangan yang eksklusif. Dalam gagasannya, liyan diidentifikasi dalam metafora negatif, seperti anti-agama, virus sekuler, pemikiran sesat, dan sebagainya. Hal itu memunculkan symbolic sentiment bagi kelompok pembaca untuk tidak ada alasan lain, selain untuk menolak, membenci dan melawan eksistensi liyan. Di sisi lain, diskursus yang dibangun oleh Hidayatullah.com bukan fenomena yang given atau alami. Sociocultural practice dan intertekstualitas adalah entitas yang berkelindan atas konsep liyan yang dikonstruksi oleh Hidayatullah.com. Di antara konsep liyan yang dikonstruksi, ditemukan praktik-praktik diskursif. Word view Islam adalah praktik diskursif dominan yang hampir ditemukan di setiap teks dalam mengkonstruksi liyan. Namun demikian, teori konspirasi Yahudi, fatwa dan tausiyah MUI, dan ghawzul fikri adalah di antara praktik diskursif lain yang membentuk konsep liyan yang dibangun Hidayatullah.com.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Hidayatullah.com, konsep liyan, Socio culttural practice, intertekstualitas, dan Analisis Wacana Kritis
Subjects: Agama Dan Filsafat
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Agama dan Filsafat > Studi Agama dan Resolusi Konflik
Depositing User: Drs. Mochammad Tantowi, M.Si.
Date Deposited: 10 Jul 2020 09:59
Last Modified: 10 Jul 2020 09:59
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/39665

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum