BIMBINGAN BELAJAR DALAM MEMBENTUK KEMANDIRIAN BELAJAR (STUDI PADA ANAK DISLEKSIA DI SEKOLAH ALAM TALLENT SCHOOL YOGYAKARTA)

Dinie Muftihatur Rohmah, NIM. 16220049 (2020) BIMBINGAN BELAJAR DALAM MEMBENTUK KEMANDIRIAN BELAJAR (STUDI PADA ANAK DISLEKSIA DI SEKOLAH ALAM TALLENT SCHOOL YOGYAKARTA). Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (BIMBINGAN BELAJAR DALAM MEMBENTUK KEMANDIRIAN BELAJAR (STUDI PADA ANAK DISLEKSIA DI SEKOLAH ALAM TALLENT SCHOOL YOGYAKARTA))
16220049_ BAB-I_ATAU_IV_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (BIMBINGAN BELAJAR DALAM MEMBENTUK KEMANDIRIAN BELAJAR (STUDI PADA ANAK DISLEKSIA DI SEKOLAH ALAM TALLENT SCHOOL YOGYAKARTA))
16220049_ BAB-II_S.D_IV_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya anak disleksia yang memiliki hambatan khususnya dalam hal membaca dan menulis. Akibat dari hambatan yang dimilikinya menyebabkan anak disleksia kurang memiliki kemampuan dalam mengelola cara belajar, kurang memiliki rasa tanggung jawab yang tinggi dan kurang terampil memanfaatkan sumber belajar. Oleh karena itu, pendekatan layanan bimbingan belajar dalam membentuk kemandirian belajar anak disleksia ini perlu diperhatikan agar nantinya dapat membantu perkembangan anak khususnya anak disleksia untuk dapat memiliki kemandirian belajar yang lebih baik. Berdasarkan latar belakang tersebut, penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bimbingan belajar dalam membentuk kemandirian belajar (studi pada anak disleksia di Sekolah Alam Tallent School Yogyakarta). Fokus pada penelitian ini adalah langkah-langkah bimbingan belajar dalam membentuk kemandirian belajar (studi anak disleksia di Sekolah Alam Tallent School Yogyakarta). Adapun pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan jenis penelitian lapangan (field research). Analisis data dilakukan dengan analisis deskriptif kualitatif menggunakan teknik pengumpulan data berupa wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat lima langkah layanan bimbingan belajar dalam membentuk kemandirian belajar anak disleksia di Sekolah Alam Tallent School Yogyakarta yakni: identifikasi masalah, prognosis, diagnosis, terapi dan evaluasi atau follow up.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. H. Muhsin Kalida, S.Ag., MA.
Uncontrolled Keywords: Bimbingan Belajar, Kemandirian Belajar, Anak Disleksia
Subjects: Bimbingan dan Konseling Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Bimbingan dan Konseling Islam (S1)
Depositing User: Drs. Mochammad Tantowi, M.Si.
Date Deposited: 14 Jul 2020 10:43
Last Modified: 14 Jul 2020 10:43
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/39700

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum