POLA ASUH ORANG TUA TUNANETRA DALAM MEMBENTUK KEMANDIRIAN ANAK (Studi Kasus Pada Dua Keluarga Di Lembaga Sosial Tunanetra Al-Hikmah Yogyakarta)

Rahmaika Hidayati, NIM. 16220093 (2020) POLA ASUH ORANG TUA TUNANETRA DALAM MEMBENTUK KEMANDIRIAN ANAK (Studi Kasus Pada Dua Keluarga Di Lembaga Sosial Tunanetra Al-Hikmah Yogyakarta). Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (POLA ASUH ORANG TUA TUNANETRA DALAM MEMBENTUK KEMANDIRIAN ANAK (Studi Kasus Pada Dua Keluarga Di Lembaga Sosial Tunanetra Al-Hikmah Yogyakarta))
16220093_BAB-I_ATAU_IV_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (5MB) | Preview
[img] Text (POLA ASUH ORANG TUA TUNANETRA DALAM MEMBENTUK KEMANDIRIAN ANAK (Studi Kasus Pada Dua Keluarga Di Lembaga Sosial Tunanetra Al-Hikmah Yogyakarta))
16220093_BAB-II_S.D._SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini di latar belakangi oleh adanya pasangan orang tua tunanetra yang menjadi anggota di Lembaga Sosial Tunanetra Al-Hikmah Yogyakarta dan mereka masih harus mengasuh anak, keterbatasan dalam pengelihatan tidak menghalangi dalam mendidik dan menjadikan anak yang mandiri. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu bagaimana pola asuh orang tua tunanetra dalam membentuk kemandirian anak. Penelitian ini termasuk penelitian lapangan yang bersifat deskriptif kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Pada teknik analisis data, penulis mereduksi data, menyajikan data dan menarik kesimpulan. Pengecekan keabsahan data pada penelitian ini menggunakan triangulasi sumber. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pola asuh orang tua tunanetra dalam membentuk kemandirian anak. Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya perbedaan pola asuh orang tua tunanetra dalam membentuk kemandirian anak. Orang tua Annisa menggunakan pola asuh otoriter dimana anak harus mengikuti peraturan orang tua dampak kemandirian pada anaknya anak menjadi mandiri dalam mengurus diri, bertanggung jawab. Sedangkan orang tua Titis menggunakan pola asuh situasional, orang tua bisa menggunakan pola asuh tergantung pada situasi tertentu. Dampak dari pola asuh ini anak menjadi kurang mandiri, belum bisa mengurus diri sendiri secara penuh, anak menjadi manja, bergantung pada orang tua.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. H. Rifa’i, M.A
Uncontrolled Keywords: Pola Asuh, Tunanetra, dan Kemandirian Anak
Subjects: Bimbingan dan Konseling Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Bimbingan dan Konseling Islam (S1)
Depositing User: Drs. Mochammad Tantowi, M.Si.
Date Deposited: 14 Jul 2020 10:48
Last Modified: 14 Jul 2020 10:48
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/39701

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum